Kasus Penggelapan Dana PT WSA Siap Disidangkan

Hukrim  KAMIS, 11 OKTOBER 2018 , 19:18:00 WIB | LAPORAN: DHANI SETIAWAN

Kasus Penggelapan Dana PT WSA Siap Disidangkan
RMOLJateng.  Kasus dugaan penggelapan dana PT Woori Sukses Apparel (WSA) dengan tersangka Sri Wahyuning alias Aning (39) sudah dilimpahkan dari penyidik Polres Semarang ke Kejaksaan Negeri Ambarawa, Kabupaten Semarang, Kamis (12/10). Tidak lama lagi kasus ini akan disidangkan di Pengadilan Negeri Ungaran.

Kasat Reskrim Polres Semarang, AKP David Widya Dwi Hapsoro menyatakan,  berkas penyidikan telah lengkap dan saat ini berkas penyidikan dan tersangka telah diserahkan ke Kejaksaan Negeri Ambarawa untuk dilakukan penuntutan.

"Berkas penyidikan sudah dinyatakan lengkap, selanjutnya berkas penyidikan, barang bukti dan tersangka telah kami limpahkan ke Kejaksaan," ujarnya.

Pada Kamis (12/10) siang penyidik membawa tersangka Aning dengan menggendong anak umur sekitar 3 bulan ke Kejari Ambarawa. Sebelumnya warga Jalan Intan Kecamatan Bawen ini disebut-sebut membawa lari uang milik karyawan senilai Rp 1,45 miliyar.

Sebelumnya tersangka mendata 144 karyawan yang hendak mengajukan pinjaman dengan total Rp 1,45 miliyar. Tapi ternyata tidak disalurkan, dengan alasan tidak disetujui oleh bank.

Namun PT WSA menerima tagihan dari pihak perbankan terkait pinjaman yang dilakukan oleh Aning tersebut. Karena merasa ditipu, PT WSA kemudian melaporkan kejadian tersebut ke Mapolres Semarang.

Pengacara Aning, Heru Wismanto menyatakan, pihaknya siap menghadapi di pengadilan. Namun pihanya minta agar Aning untuk dipindahkan penahanan menjadi tahanan kota dengan jaminan keluarga dan pengaraca.

"Karena Aning masih punya anak tiga bulan kalau diajak di tahanan kasihan. Selama dua bulan terakhir ini di tahanan kasihan bayinya, tiap malam selalu nangis. Dan lingkungan tahanan tidak sehat untuk anak bayi," ujar Heru.

Plt Kasipudum Kejari Ambarawa, Fikri Fachrurrozi menyatakan pihaknya menerima permohonan pengalihan penahanan. Namun yang berhak menyetujui pengalihan penahanan adalah Kepala Kejaksaan Negeri Ambarawa yang kebetulan pada Kamis pagi sedang dinas luar.

"Memang pengacara sempat menemui saya, tapi pak Kajari sedang pergi sehingga tidak dapat memutuskan pengalihan penahanan," pungkasnya.

Fikri juga menyatakan dalam waktu sekitar 20 hari pihaknya akan menyerahkan berkas penuntutan ke  Pengadilan Negeri Ungaran.

"Kemudian akan disidangkan di Pengadilan Negeri," ujarnya.

Pada Kamis Siang, Polisi membawa Aning dengan didampingi keluarganya ke Rumah Tahanan Salatiga untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya. [jie]

Komentar Pembaca
MIK Semar Gelar Aksi Simpatik

MIK Semar Gelar Aksi Simpatik

KAMIS, 16 MEI 2019 , 18:03:00

Festival Pameran Foto Semarang

Festival Pameran Foto Semarang

SELASA, 23 APRIL 2019 , 20:00:00

Uji Emisi Gratis

Uji Emisi Gratis

SELASA, 23 APRIL 2019 , 15:59:00