Mengingat Perjuangan Leluhur, Warga Bandungan Gelar Merti Dusun

Budaya  MINGGU, 07 OKTOBER 2018 , 20:10:00 WIB | LAPORAN: DHANI SETIAWAN

Mengingat Perjuangan Leluhur, Warga Bandungan Gelar Merti Dusun

Foto/RMOL Jateng

RMOLJateng. Ratusan warga dan wisatawan memadati pagelaran reog dalam memperingati Merti Dusun lingkungan Bandungan, Kelurahan Bandungan Kabupaten Semarang, Minggu (7/10) sore.

Upacara tradisional bersih dusun yang lebih dikenal dengan istilah 'Merti Dusun' ini salah satu bentuk syukur warga telah diberi keselamatan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

"Serta untuk melestarikan kebudayaan dan mengingat perjuangan para leluhur pendahulu kami," ungkap Ketua RW 01 Kelurahan Bandungan, Tri Sumedi.

Acara merti dusun ini diperingati setiap menginjak bulan Muharram atau Suro, menurut keyakinan warga, bulan ini untuk berintospeksi dan membersihkan lingkungan untuk melangkah di satu tahun ke depan.

"Merti dusun ini setiap tahun kami peringati," ujar Tri.

Selain pagelaran reog, selama merti dusun juga mengadakan bersih sendang, bersih sungai, bersih makam, pagelaran wayang kulit dan doa bersama.

"Maksudnya kita tidak hanya berdoa memohon pada Tuhan Yang Maha Kuasa, tapi juga melestarikan lingkungan alam yang telah dititipkan pada kami," kata Tri Sumedi.

Camat Bandungan, Eko Puryanto menyambut baik merti dusun ini karena warga mau melestarikan kebudayaan setempat.

"Selain semakin meneguhkan keimanan juga banyak ajaran yang dapat dipetik dalam merti desa ini, seperti melestarikan lingkungan alam dan gotong royong," ungkapnya. [jie]

Komentar Pembaca
Revitalisasi Pasar Johar Semarang

Revitalisasi Pasar Johar Semarang

SABTU, 23 FEBRUARI 2019 , 10:51:00

Truk Terbalik

Truk Terbalik

SABTU, 23 FEBRUARI 2019 , 14:59:00

Foto: Asap Merapi Dinihari

Foto: Asap Merapi Dinihari

MINGGU, 24 FEBRUARI 2019 , 14:51:00