BNNK Purbalingga Mendadak Lakukan Tes Urin di Sekolah

Pendidikan  RABU, 26 SEPTEMBER 2018 , 17:34:00 WIB | LAPORAN: PRAYITNO

BNNK Purbalingga Mendadak Lakukan Tes Urin di Sekolah
RMOLJateng. Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Purbalingga melakukan tes urin di beberapa sekolah untuk memastikan para siswa terbebas dari penyalahgunaan narkoba, Rabu (26/9).

Dipimpin Kasi P2M, Kompol Dwi Budiyanto, BNNK Purbalingga menyasar kepada pelajar dengan jumlah 120 siswa pemeriksaan pupil dan 25 orang siswa yang dilanjutkan ke tes urin.

Dalam kesempatan tersebut BNNK Purbalingga membagi tiga tim yang disebar ke tiga sekolah yaitu SMP N 2 Bobotsari, SMP N 3 Bobotsari dan SMP Muhammadiyah 2 Bobotsari. Dwi mengatakan, tidak semua siswa melanjutkan pemeriksaan ke tahap tes urin. Tes urin dilakukan apabila pada tes pupil siswa dicurigai menggunakan zat terlarang.

Tidak semua berlanjut ke tahap pemeriksaan urin. Pemeriksaan urin hanya dilakukan kepada orang yang dicurigai menggunakan zat terlarang setelah tes pupil mata,” kata Dwi.

Memang menjadi sebuah ironi karena pada kesempatan tersebut ada beberapa siswa yang dengan polosnya mengaku pernah menggunakan obat psikotropika. Dwi menambahkan, keadaan tersebut tidak boleh dibiarkan dan tidak boleh dikesampingkan. Apa pun jenisnya, suatu zat yang terlarang tidak boleh dikonsumsi oleh siapa pun dan dengan alasan apapun.

Perlu peran serta semua pihak agar hal yang oleh mereka (siswa) sepele tidak berlanjut. Bermula dari coba-coba dengan dosis rendah, hal itu akan memancing penyalahgunaan zat adiktif yang lebih berbahaya,” imbuhnya.

Kepada siswa yang terindikasi menggunakan psikotropika, BNNK Purbalingga akan melakukan assesment lebih lanjut dan melakukan layanan rehabilitasi. Dua hari ke depan kita akan melakukan pendalaman untuk menjaring siswa yang terindikasi menggunakan psikotropika dan melakukan assesment guna layanan rehabilitasi,” pungkasnya. [hen]

Komentar Pembaca
Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

Memperingati 7 Tahun Kematian Kim Jong Il

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 21:00:00

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

Anak Milenial Mesti Ikut Lokomotif Perubahan

JUM'AT, 14 DESEMBER 2018 , 13:00:00

Jegal OSO Nyaleg, KPU Bisa Kena Sanksi Etik Dan Pidana
Harimau Bonbin Semarang Terlepas

Harimau Bonbin Semarang Terlepas

RABU, 05 DESEMBER 2018 , 19:34:00

Foto : Pemberangkatan Tim Porpov Tim Semarang

Foto : Pemberangkatan Tim Porpov Tim Semarang

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 16:10:00

Wisata Tour TKCI Indonesia Di Magelang

Wisata Tour TKCI Indonesia Di Magelang

SABTU, 24 NOVEMBER 2018 , 15:13:00