TOT Sosialisasi CIKUR, BI Gelar Pemilihan Duta Rupiah

Ekonomi  SENIN, 24 SEPTEMBER 2018 , 00:16:00 WIB | LAPORAN: ALMIRA NINDYA

TOT Sosialisasi CIKUR, BI Gelar Pemilihan Duta Rupiah

Foto/RMOL Jateng

RMOLJateng. Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo (KPwBI Solo) bersama Sub BMPD Jateng-Surakarta dan Perkaso, mengadakan Training of Trainers (ToT) Sosialisasi Ciri-Ciri Keaslian Uang Rupiah (CIKUR) dan Pemilihan Duta Rupiah 2018, Minggu (23/9).

Pemilihan Duta Rupiah diikuti 81 perwakilan teller perbankan terbaik di Soloraya, dengan rincian 73 orang dari Bank Umum dan 8 orang dari BPR.

"Teller yang menjadi peserta merupakan garda terdepan pengedaran uang kepada masyarakat, juga sekaligus filter pertama dalam sirkulasi uang dari masyarakat, diharapkan dapat berperan sebagai Duta Rupiah untuk menyampaikan kepada masyarakat tentang pentingnya materi CIKUR," kata Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Bandoe Widiarto, Minggu (23/9).

Dalam acara ini, para peserta dibekali pemahaman dasar mengenai Kebanksentralan dan CIKUR. Kemudian, para peserta diuji, baik dari sisi hard skill maupun soft skill oleh Dewan Juri diantaranya Pemimpin Redaksi Solopos, Ketua Paguyuban Putra/I Solo, dan Kepala Tim Sistem Pembayaran, Pengolahan Uang Rupiah, Layanan dan Administrasi KPwBI Solo.

Hardskill dinilai dari pengetahuan, sementara soft skill dinilai dari Kemampuan Teknis dan Cara Sosialisasi yang tepat. Yakni melalui gerakan 3D (Dilihat, Diraba, dan Diterawang) serta cara memperlakukan uang dengan baik, melalui gerakan 5J (Jangan Dilipat, Jangan Dicoret, Jangan Distapler, Jangan Diremas, dan Jangan Dibasahi).

Setelah melalui proses hingga larut, terpilih tiga juara duta rupiah yakni BNI Wonogiri, Bank Jateng Klaten dan Bank Jateng Sukoharjo, juga 3 juara favorit.

"Duta Rupiah akan diikutsertakan oleh Bank Indonesia Solo dalam banyak kegiatan, seperti capacity building, focus group discussion, dan program edukasi kepada masyarakat, untuk semakin mempertajam pengetahuan dan meningkatkan kompetensi," imbuhnya. [jie]



Komentar Pembaca
Salat Jenazah Ustad Arifin Ilham

Salat Jenazah Ustad Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 13:12:00

Kiriman Bunga untuk KPU Jateng

Kiriman Bunga untuk KPU Jateng

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 19:04:00

Konsolidasi Keamanan Jelang Lebaran

Konsolidasi Keamanan Jelang Lebaran

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 21:35:00