Petakan Kerawanan, DPRD Cilacap Belajar Pilkades Serentak Di Sukoharjo

Politik  JUM'AT, 14 SEPTEMBER 2018 , 15:09:00 WIB | LAPORAN: ALMIRA NINDYA

Petakan Kerawanan, DPRD Cilacap Belajar Pilkades Serentak Di Sukoharjo

Foto/RMOL Jateng

RMOLJateng. Keberhasilan Pemkab Sukoharjo menggelar pemilihan kepala dese serentak beberapa kali membuat sejumlah daerah ngangsu kangwruh ke Pemkab Sukoharjo. Jumat (14/9), Komisi A DPRD Kabupaten Cilacap mengadakan kunjungan kerja study banding ke Kabupaten Sukoharjo tentang Pilkades serentak dan Pemerintahan Desa.

Kami melihat Kabupaten Sukoharjo sukses menggelar Pilkades serentak beberapa kali. Kabupaten Cilacap baru akan menggelar Pilkades serentak pada bulan November mendatang, untuk itu kami ingin menanyakan proses penyelenggaraan pilkades di Kabupaten Sukoharjo mulai penganggaran, potensi atau kerawanan masalah dan penyelesaian,” tutur Toni Osmon, pimpinan rombongan ketua Komisi A DPRD Cilacap, Jumat.

Kabag Pemerintahan Desa Setda Kabupaten Sukoharjo Setyo Aji Nugroho, menyambut baik kegiatan tersebut, artinya Kabupaten Sukoharjo dianggap sukses dan bisa menjadi contoh pelaksanaan pilkades serentak bagi daerah lain.

Sukoharjo sudah beberapa kali sukses menggelar pilkades serentak. Tahun ini juga siap menggelar pilkades serentak untuk 125 desa pada bulan Desember 2018 nanti,” kata Setyo Aji.

Sejumlah persiapan yang dilakukan Pemkab Sukoharjo antara lain persiapan administrasi, tahapan pelaksanaan dan anggaran. Untuk anggaran sudah di siapkan tahun sebelumnya baik APBD maupun APBDes, hingga tahun ini bisa masuk anggaran APBD 2018.

Diketahui pula, Pemkab Sukoharjo sudah melaksanakan pilkades serentak sejak tahun 2006 silam, masa kepemimpinan Bupati Bambang Riyanto. Saat itu dengan 128 desa yang serentak melaksanakan pilkada mendapat apresiasi dari MURI sebagai pemegang rekor pilkades serentak. Meskipun saat ini rekor tersebut sudah ditumbangkan oleh Kabupaten Temanggung dengan rekor 189 desa. [jie]



Komentar Pembaca
Panen Musim Pancaroba

Panen Musim Pancaroba

MINGGU, 07 OKTOBER 2018 , 10:57:00

Foto:Roadshow Bus KPK Di Semarang

Foto:Roadshow Bus KPK Di Semarang

SABTU, 13 OKTOBER 2018 , 13:18:00

Foto : Pemberangkatan Tim Porpov Tim Semarang

Foto : Pemberangkatan Tim Porpov Tim Semarang

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 16:10:00