Taruna-Taruni Polimarin Ikuti Pelayaran Lingkar Nusantara Di NTB

Nusantara  SENIN, 10 SEPTEMBER 2018 , 07:38:00 WIB | LAPORAN: TAKHRODJIE

Taruna-Taruni Polimarin Ikuti Pelayaran Lingkar Nusantara Di NTB

Foto/ist

RMOLJateng. Taruna dan Taruni Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin) Semarang mengikuti Pelayaran Lingkar Nusantara (Pelantara-8) dan Bhakti Bela Negara untuk menyukseskan Sail Moyo Tambora 2018 yang dipusatkan di Pelabuhan Badas, Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat.

Direktur Polimarin, Dr. Sri Tutie Rahayu, M.Si mengatakan taruna-taruni Polimarin bergabung dengan ratusan Pramuka Saka Bahari se Indonesia berlayar di atas kapal perang TNI AL. Mereka akan berlayar selama tiga minggu terhitung sejak keberangkatan tanggal 29 Agustus dari Dermaga Koarmada II Ujung Surabaya.

Taruna Taruni Polimarin selalu siap siaga, karena kami memang sudah mempersiapakan mereka untuk selalu siap kapanpun. Kami selalu menekankan kepada mereka pentingnya spiritualitas, kejujuran,  disiplin, berkompetensi dalam pengetahuan dan ketrampilan,” terangnya dalam keterangan tertulis yang diterima RMOLJateng, Senin (10/9/2018).

Lebih lanjut Sri menjelaskan, pelayaran ini menggunakan unsur TNI AL KRI Teluk Bintuni-520 yang dikomandani Mayor Laut (P) Suroto. Rombongan dilepas oleh Kepala Dinas Pembinaan Potensi Maritim (Kadispotmar) TNI AL Brigjen TNI Marinir Bambang Sutrisno.

Sebagai Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) pada Pelantara-8 adalah Kolonel Laut (P) Sukrisno yang sehari-hari menjabat Kepala Sub Dinas Pembinaan Kemampuan (Kasubdispuan) Dinas Pembinaan Potensi Maritim (Dispotmar).

Taruna Taruni Polimarin mendapatkan kepercayaan mengikuti kegiatan ini berawal dari Pelayaran Kebangsaan Bela Negara (PKBN) Tahun 2017. Mereka selalu mengambil bagian strategis seperti ikut terlibat dalam navigasi pelayaran, turut menjaga kebersihan dan juga membantu peserta PKBN yang terganggu kesehatannya karena belum terbiasa berlayar.

Sungguh pengalaman yang luar biasa dan kesempatan langka. Berlayar di atas kapal perang yang legendaris KRI Banjarmasin. Kapal ini pernah digunakan untuk membebaskan sandera perompak Somalia dalam tragedi kapal Sinar Mas,” kenang Direktur Polimarin.

Yang masih hangat, lanjut Sri, Taruna Taruni Polimarin dipercaya ikut berlayar dari Palembang menuju Jakarta dalam rangka mensukseskan Asian Game 2018 menggunakan KRI Dewaruci. [jie]

Komentar Pembaca
Revitalisasi Pasar Johar Semarang

Revitalisasi Pasar Johar Semarang

SABTU, 23 FEBRUARI 2019 , 10:51:00

Truk Terbalik

Truk Terbalik

SABTU, 23 FEBRUARI 2019 , 14:59:00

Foto: Asap Merapi Dinihari

Foto: Asap Merapi Dinihari

MINGGU, 24 FEBRUARI 2019 , 14:51:00