Dollar Menguat Dongkrak Harga Ikan Ekspor

Ekonomi  MINGGU, 09 SEPTEMBER 2018 , 19:51:00 WIB | LAPORAN: PRAYITNO

Dollar Menguat Dongkrak Harga Ikan Ekspor

Foto/RMOL Jateng

RMOLJateng. Pelemahan rupiah terhadap dolar yang hampir mencapai Rp 15 ribu per dollar saat ini justru berimbas positif terhadap harga ikan hasil tangakapan nelayan.

Di Cilacap, sejumlah jenis ikan dan udang bernilai ekspor sekarang ini harganya terdongkrak. Antara lain ikan bawal putih dan layur yang mengalami kenaikan harga hingga 30 persen dari harga sebelumnya.

Harga ikan Layur yang semula kisaran Rp 25 ribu kini menjadi Rp 45 ribu perkilogram. Udang Rp 80 ribu per kilogram menjadi kisaran Rp 125 ribu per kilogram. Bahkan terdapat jenis undang tertentu yang harganya mencapai kisaran Rp 250 ribu per kilogram.

Ketua kelompok Nelayan Pandanaran Cilacap, Tarmuji mengungkapkan,  nelayan Cilacap saat ini sudah mulai memahami tentang kurs dollar.

Sehingga kondisi dollar yang menguat seperti sekarang, memang bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan hasil tangkapan ikan berjenis ekspor. Makanya kami juga menghimbau nelayan untuk lebih produktif lagi,” ujar Tarmuji.

Tarmuji menambahkan, diperkirakan puncak panen ikan dengan kategori komoditi ekspor ini akan terjadi hingga akhir September ini. [jie]



Komentar Pembaca
Salat Jenazah Ustad Arifin Ilham

Salat Jenazah Ustad Arifin Ilham

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 13:12:00

Kiriman Bunga untuk KPU Jateng

Kiriman Bunga untuk KPU Jateng

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 19:04:00

Konsolidasi Keamanan Jelang Lebaran

Konsolidasi Keamanan Jelang Lebaran

JUM'AT, 24 MEI 2019 , 21:35:00