Hobi Ngopi, Nesia Tertarik Bikin Kerajinan Biji Kopi

Tokoh  RABU, 29 AGUSTUS 2018 , 21:51:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Hobi Ngopi, Nesia Tertarik Bikin Kerajinan Biji Kopi
RMOLJateng. Kopi, bukan saja menjadi gaya hidup masyarakat saat ini. Biji kopi, selain diseduh, juga bisa dibuat menjadi kerajinan yang memiliki nilai ekonomi.

Adalah Nesia Wijayanti, ibu rumah tangga yang mampu membuat beragam aksesoris wanita dari biji kopi. Nesia mengaku, awalnya hanya suka meminum kopi bersama suami. Namun kemudian dirinya terpantik untuk membuat kerajinan dari biji kopi.

Awalnya cuma suka ngopi-ngipi sama suami, kemudian saya terbesit kenapa enggak nyobain bikin kerajinan dari biji kopi. Sebab setelah saya cari-cari referensi berbagai literatur, ternyata biji kopi punya daya tahan lama kalau sudah diroasting," kata dia, Rabu (29/8).

Nesia menjelaskan, gelang yang terbuat dari kopi ini punya daya tarik tersendiri. Semakin lama dipakai, gelang kreasinya mampu mengeluarkan aroma khas kopi.

Warga Jalan Borobudur Utara Raya Nomor 6, Manyaran, Semarang mengatakan memilih biji kopi robusta untuk dibuat menjadi untaian gelang. Menurutnya robusta tidak gampang pecah ketika diolah jadi kerajinan.

Mula-mula satu kilogram biji kopi robusta diroasting untuk mengeluarkan asam pada kopinya. Setelah dipastikan kering, lalu dilubangi satu persatu biji kopi menggunakan mesin bor,” katanya.

Untuk membuat kerajinan tersebut, Nesia mengaku tidak butuh waktu lama selanjutnya biji-biji kopi tersebut dirangkai menggunakan senar hingga membentuk sebuah gelang. Agar lebih menarik, ia memberi beberapa manik-manik tambahan.

"Yang lama itu pas melubangi biji kopinya. Makanya, saya mengerjakannya diatas jam dua belas malam setelah anak saya tidur,"  imbuhnya.

Kini ia rutin mengerjakan pesanan ratusan buah untuk dikirim ke sejumlah pelanggan di Semarang. Selain gelang, kreasinya juga berupa anting, kalung hingga rosario dan tasbih.

Peminat gelang kopinya kebanyakan kalangan perempuan muda yang doyan fesyen. Harga sebuah gelang kopi berkisar Rp 30 ribu sampai 75 ribu. Pesanan yang ia terima setiap bulan mencapai ratusan buah. [jie]



Komentar Pembaca
Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

Densus 88 Tembak Dua Terduga Teroris Tanjung Balai

JUM'AT, 19 OKTOBER 2018 , 15:00:00

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

PAN Setuju Dana Saksi Dibiayai APBN

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 17:00:00

Jokowi-Ma

Jokowi-Ma"ruf Diduga Curi Start Kampanye

KAMIS, 18 OKTOBER 2018 , 13:00:00

Panen Musim Pancaroba

Panen Musim Pancaroba

MINGGU, 07 OKTOBER 2018 , 10:57:00

Foto Dampak Kenaikan Dolar Terhadap Harga Pangan

Foto Dampak Kenaikan Dolar Terhadap Harga Pangan

JUM'AT, 07 SEPTEMBER 2018 , 16:34:00

Foto:Roadshow Bus KPK Di Semarang

Foto:Roadshow Bus KPK Di Semarang

SABTU, 13 OKTOBER 2018 , 13:18:00