Persebaran HIV/AIDS Merangsek Hingga Tingkat Desa

Kesehatan  SELASA, 28 AGUSTUS 2018 , 18:08:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD OLIEZ

Persebaran HIV/AIDS Merangsek Hingga Tingkat Desa

Foto/RMOL Jateng

RMOLJateng. Persebaran kasus HIV/AIDS di Kabupaten Jepara tergolong mengkhawatirkan. Sebab salah satu penyakit mematikan ini diidentifikasi sudah merangsek hingga tingkat desa atau kelurahan yang ada di Kota Ukir.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Jepara M Fakhrudin mengatakan kecenderungan persebaran penyakit HIV/AIDS saat ini tak lagi hanya di wilayah perkotaan saja. Namun juga menyasar hingga kawasan pedesaan.

Oleh karena itu, perlu dilakukan berbagai upaya terobosan agar persebaran HIV/AIDS bisa dicegah sejak dini. Salah satu caranya dengan membentuk forum Warga Peduli HIV AIDS hingga tingkat desa atau kelurahan di Kota Ukir.

"Tahun ini, kita menargetkan 50 persen desa/kelurahan yang ada di Jepara, sudah terbentuk forum WPA," kata Fakhrudin saat kegiatan pembentukan Forum WPA di Desa Balong, Kecamatan Kembang, Jepara, Selasa (28/8/2018).

Ada ratusan kasus HIV/AIDS yang ditemukan di Kabupaten Jepara. Bahkan Kota Ukir masuk dalam 10 besar kasus HIV/AIDS diantara 35 kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah.

Menurut Fakhrudin, Forum WPA memiliki peran yang strategis. Forum ini akan bertugas melakukan identifikasi potensi risiko HIV/AIDS di wilayah masing-masing. Selain itu juga melakukan akses informasi dan layanan (penyuluhan, fasilitasi pencegahan, test dan konseling HIV, dll), hingga upaya zero stigma dan diskriminasi terhadap penderita.

"Tahun 2019, seluruh desa atau kelurahan yang ada di Jepara ditargetkan sudah memiliki forum ini. Makanya kami terus bergerak terus. Tiap pekan ada lebih dari dua desa yang kami datangi,” tuturnya.

Pembentukan Forum WPA ini diprioritaskan untuk wilayah yang berpotensi atau memiliki risiko tinggi penyebaran HIV/AIDS. Semisal kawasan Jepara utara seperti Kecamatan Kembang, Keling, Donorojo dan Mlonggo. Setelah itu baru menyasar ke wilayah Jepara lainnya secara merata.

"Unsur tokoh masyarakat, penegak hukum dan keamanan, serta ulama kita libatkan dalam Forum WPA ini. Kerjasama sinergis dan lintas sektoral itu efektif agar kerja forum ini lebih maksimal," tandasnya. [jie]



Komentar Pembaca
Negatif Corona, WNI Crew Kapal Diamond Princes Minta Dievakuasi
Gedung DPR Kebakaran

Gedung DPR Kebakaran

SENIN, 24 FEBRUARI 2020 , 13:55:07

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

30 Tahun MURI, Bakti Sosial ke Kampung Sumur

SELASA, 11 FEBRUARI 2020 , 11:44:12

Pasar Semawis 2020 Di Semarang

Pasar Semawis 2020 Di Semarang

JUM'AT, 17 JANUARI 2020 , 14:10:00

Suasana Alun-Alun Semarang

Suasana Alun-Alun Semarang

RABU, 22 JANUARI 2020 , 10:24:00

Demo Guru Swasta di Semarang

Demo Guru Swasta di Semarang

SENIN, 17 FEBRUARI 2020 , 16:10:00