Kiper Baranita Banjarnegara Fany Direkrut Timnas Garuda Muda U-16 Putri

Olahraga  RABU, 15 AGUSTUS 2018 , 23:12:00 WIB | LAPORAN: PARWITO

Kiper Baranita Banjarnegara Fany Direkrut Timnas Garuda Muda U-16 Putri

Foto/ist

RMOLJateng. Kiper tim sepakbola wanita PS Baranita Banjarnegara, Fany direkrut menjadi kiper untuk memperkuat Tim Nasional (Timnas) Garuda Muda U-16 Putri untuk menghadapi Piala AFC (Asian Football Confederation) yang akan digelar di negara Kyrgyzstan pada September 2018 mendatang.

Pelatih Kiper Timnas Garuda Muda U-16 Putri, Hariono, mengungkapkan, direkrutnya Fany dengan pertimbangan jika saat ini belum adanya kompetisi sepakbola wanita di Indonesia. Sehingga, pihaknya harus mencari sendiri pemain-pemain muda, khususnya wanita untuk dilatih sebagai penjaga gawang Timnas Garuda Muda U-16 Putri.

"Memang untuk saat ini kita belum ada kompetisi sehingga harus mencari dan membentuk sendiri pemain-pemain muda berbakat yang nantinya kita harapkan menjadi pesepakbola khususnya penjaga gawang," tegas Hariono kepada RMOLJateng, Rabu (15/8).

Secara kebetulan, Hariono menyatakan jika secara postur, termasuk dalam proses talent schouting atau pencarian bakat, ternyata Fany memiliki kriteria sebagai pemain, khususnya bertugas untuk mengamankan gawang di pertahanan Timnas Garuda Muda U-16 Putri. 

"Dan bakat ini saya lihat ada pada Fany," ungkap Hariono.

Selain itu,  Fany adalah sosok wanita muda, energik, dengan memiliki postur tubuh sebagai penjaga gawang. Dirinya optimis dengan penempaan dan pelatihan selama satu bulan di Kompleks Stadion Soemitro Kolopaking Kabupaten Banjarnegara, maka Fany akan dapat menjalankan tugasnya memperkuat skuad Timnas Garuda Muda U-16 Putri.

"Dia (Fany) masih muda dan mempunyai dasar atlit, tinggal bagaimana kita menanganinya dengan benar, konsisten dalam berlatih," terangnya.

Sementara itu, Manajer Timnas Garuda Muda U-16 Putri Lasmi Indaryani mengungkapkan, direkrutnya Fany bermula saat pelatih Timnas Garuda Muda U-16 Putri, Rully Nere menyatakan jika Timnas masih kekurangan satu orang penjaga gawang atau kiper. Sehingga, dirinya berupaya untuk mencari untuk mengisi kekosongan kiper tersebut.

"Awalnya coach Rully menyampaikan jika kuota kiper masih kurang satu. Akhirnya saya inisiatif ubek-ubek atlet-atlet bola wanita di Banjarnegara untuk diseleksi," ungkap perempuan manis yang akrab disapa Jeng Lasmi ini.

Jeng Lasmi pun hingga akhirnya memutuskan Fany, yang merupakan kiper andalan Baranita Banjarnegara untuk bergabung ke Timnas Garuda Muda U-16 Putri yang masuk di Grup D di Kompetisi Piala AFC mendatang. Pada AFC ini, Indonesia berada di group D, bersama dengan Australia, Taiwan, Kirgistan dan Palestina. Dia menyebut targetnya, setidaknya bisa lolos fase group.

"Pilihan jatuh pada Fani siswi SMP Negeri 1 Banjarnegara. Dengan postur tubuh yang masuk kriteria dan mudah menyerap instruksi pelatih," tandasnya.

Senada dengan pelatih kiper Hariono, Jeng Lasmi yakin bila Fany yang sudah berpengalaman di Tim Baranita Banjarnegara akan sanggup dan mampu mengimbangi teman-teman barunya di Timnas Garuda Muda U-16 Putri setelah bergabung dan menjalani pemusatan latihan (TC_Training Center) bersama rekan-rekanya di Timnas. 

"Coach yakin dengan digembleng satu bulan ini, Fani bisa mengikuti teman-temanya yang sudah terlebih dahulu latihan," tandasnya.

Jeng lasmi berharap, dengan adanya atlit sepakbola wanita putri daerah Kabupaten Banjarnegara yang bergabung, akan memunculkan bibit-bibit dan persepakbolaan di Kabupaten yang dikenal dengan kuliner Dawet Ayunya itu berkembang dan lebih maju.

"Harapanya, dengan adanya atlet Banjarnegara yang masuk Timnas lagi akan memunculkan bibit-bibit Banjarnegara ke tingkat nasional," pungkas Jeng Lasmi. [jie]



Komentar Pembaca
Perang Tagar Hanya Mainkan Emosi Rakyat

Perang Tagar Hanya Mainkan Emosi Rakyat

SELASA, 18 SEPTEMBER 2018 , 17:00:00

Demokrat Akui Main Dua Kaki

Demokrat Akui Main Dua Kaki

SELASA, 18 SEPTEMBER 2018 , 11:00:00

720 Pengacara Siap Bela Rizal Ramli

720 Pengacara Siap Bela Rizal Ramli

SENIN, 17 SEPTEMBER 2018 , 19:00:00

Foto Restorasi Candi

Foto Restorasi Candi

SELASA, 24 JULI 2018 , 19:07:00

Foto Memperbaiki Pipa Air

Foto Memperbaiki Pipa Air

SELASA, 24 JULI 2018 , 16:23:00

Foto Dampak Kenaikan Dolar Terhadap Harga Pangan

Foto Dampak Kenaikan Dolar Terhadap Harga Pangan

JUM'AT, 07 SEPTEMBER 2018 , 16:34:00