Tutup Sunan Kuning, Hendi Ingin Bangun Islamic Center

Pemerintahan  KAMIS, 09 AGUSTUS 2018 , 18:12:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Tutup Sunan Kuning, Hendi Ingin Bangun Islamic Center

Foto/RMOL

RMOLJateng. Walikota Semarang, Hendrar Prihadi menyatakan siap menutup Resosialisasi Argorejo atau yang biasa disebut Lokalisasi Sunan Kuning. Hal itu dia katakan saat memberi sambutan Focus Group Discussion (FGD) Penutupan Lokalisasi Sunan Kuning di Hotel Grasia Semarang, Kamis (9/8).

Hendi mengapresiasi upaya Dinas Sosial membuat FGD sebagai landasan jajarannya untuk menutup lokalisasi tersebut. Namun, Hendi berpesan agar kajian yang dibuat harus berdasarkan data secara detail dari berbagai aspek.

"Kalau bikin surat penutupan, gampang, tinggal bikin. Tapi kan perlu kajian yang mendalam agar upaya kita tidak menimbulkan masalah di sektor lain,” kata Hendi.

Lebih jauh, Hendi juga mewacanakan untuk merubah wajah lokalisasi Sunan Kuning menjadi berbeda. Kata dia, banyak upaya yang bisa dilakukan Pemerintah Kota Semarang untuk menutup Sunan Kuning tanpa menimbulkan masalah di sektor lain. Misalnya, lanjut dia, membeli lahan tersebut dan digunakan untuk tempat berbeda, seperti Islamic Center.

"Tanah-tanah di lokalisasi tersebut bisa dianggarkan untuk dibeli pemerintah. Kemudian bisa dibuat tempat yang sama sekali berbeda, misalnya Islamic Center,” imbuh dia.

Lebih jauh, Hendi akan menawarkan kepada pihak swasta untuk mengambil alih lahan yang ada di Lokalisasi Sunan Kuning.

Menurutnya, itu salah satu opsi yang sedang diupayakan pihaknya untuk menindaklanjuti penutupan lokalisasi Sunan Kuning maksimal akhir 2019 nanti.

Agar rencana itu terwujud, pihaknya akan membekali semua pekerja seks yang masih bekerja di situ dengan keterampilan kewirausahaan. Kemudian tiap orang dikasih modal lalu dipulangkan ke daerah asalnya.

"Kemudian warga lokal yang punya usaha di Sunan Kuning bisa diberikan tempat di sana atau dicarikan lahan lain. Sehingga, tanah di situ bisa dipakai swasta atau pemerintah untuk kegiatan bermanfaat bagi masyarakat luas," pungkas dia. [dit]

Komentar Pembaca
Panen Musim Pancaroba

Panen Musim Pancaroba

MINGGU, 07 OKTOBER 2018 , 10:57:00

Foto Dampak Kenaikan Dolar Terhadap Harga Pangan

Foto Dampak Kenaikan Dolar Terhadap Harga Pangan

JUM'AT, 07 SEPTEMBER 2018 , 16:34:00

Foto:Roadshow Bus KPK Di Semarang

Foto:Roadshow Bus KPK Di Semarang

SABTU, 13 OKTOBER 2018 , 13:18:00