Dibully Soal Tiwul, Ganjar Kemukakan Tiwul Bagian Diversifikasi Pangan Jateng

Nusantara  RABU, 08 AGUSTUS 2018 , 17:28:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Dibully Soal Tiwul, Ganjar Kemukakan Tiwul Bagian Diversifikasi Pangan Jateng

Ganjar Pranowo/RMOL Jateng

RMOLJateng. Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, mengatakan banyak makanan di Jawa Tengah yang bisa dikonsumsi. Salah satunya adalah Tiwul.

Hal itu, dia ungkap di hadapan 3.059 mahasiswa baru dalam acara Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2018 IAIN Salatiga. Menurutnya, Republik Indonesia memiliki sumber pangan yang sangat banyak sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa. Ia pun mempersilakan masyarakat memanfaatkan kekayaan alam itu, seperti halnya warga Indonesia Timur yang memiliki bahan pangan pokok berupa sagu.

"Jadi kalau ada yang makan selain beras atau nasi, itu bentuk kemandirian bertahan hidup, survive dan termasuk diversifikasi pangan. Boleh-boleh saja, pangan itu ada banyak. Kalau memang ada yang kekurangan pangan di Jateng bilang saya, nanti saya bantu yang penting saya sampaikan jangan makan nasi aking," jelasnya, Rabu (8/8).

Meski demikian, Ganjar juga mengungkap sempat mendapat bully saat mengutarakan hal tersebut. Ganjar mengatakan pemberitaan bermula dari pertanyaan sejumlah wartawan usai ia mengisi kuliah umum di Polines Semarang belum lama ini.

"Saya ditanya, ada warga di Kebumen yang mengalami kekeringan dan tidak memiliki beras lalu makan tiwul. Ya saya jawab tidak apa-apa makan tiwul," ujarnya.

Ganjar menceritakan ada seorang pejabat teras partai politik yang ikut berkomentar di twitter.  Selain itu, banyak komentar tidak bertanggungjawab yang justru mengaitkan tiwul dengan politik. Ia pun mengaku sangat menyayangkan hal itu.

"Dia bilang, Pak Ganjar kalau tidak punya solusi ya jangan menganjurkan warganya makan tiwul. Berarti dia bukan orang Jawa Tengah," katanya. [jie]




Komentar Pembaca
Panen Musim Pancaroba

Panen Musim Pancaroba

MINGGU, 07 OKTOBER 2018 , 10:57:00

Foto Dampak Kenaikan Dolar Terhadap Harga Pangan

Foto Dampak Kenaikan Dolar Terhadap Harga Pangan

JUM'AT, 07 SEPTEMBER 2018 , 16:34:00

Foto:Roadshow Bus KPK Di Semarang

Foto:Roadshow Bus KPK Di Semarang

SABTU, 13 OKTOBER 2018 , 13:18:00