Tiga Candi Mataram Kuno Ditemukan Lagi Di Mijen Semarang

Nusantara  KAMIS, 02 AGUSTUS 2018 , 17:47:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Tiga Candi Mataram Kuno Ditemukan Lagi Di Mijen Semarang

Foto/RMOL Jateng

RMOLJateng. Setelah sempat terhenti pada Tahun 2015, Pusat Penelitian Arkeologi Nasional (PPAN) kembali melakukan ekskavasi di situs Candi Duduhan, Mijen, Semarang. Pada ekskavasi kali ini, PPAN bekerjasama dengan Lembaga Penelitian Prancis untuk Asia Timur.

Koordinator PPAN, Agustijanto, mengungkap, dalam ekskavasi tersebut, pihaknya menemukan tiga anakan candi di dekat Candi Duduhan.

Kita menemukan Candi Perwara di dekat Candi Duduhan. Kami lakukan ekskavasi sejak Tanggal 25 Juli kemarin hingga 5 Agustus besok,” katanya.

Agus menerangkan, tiga Candi Perwara itu memiliki ukuran 5x4 meter. Sedangkan Candi Induk, lanjutnya, berukuran 9x9 meter.

Kami perkirakan, di dekat Candi Perwara ini ada pintu masuk. Pintu masuknya menghadap timur. Kami juga sedang memperkirakan pagar candi. Jadi belum tau berapa luas komplek candi ini,” tutur dia.

Agus mengklaim, candi yang ditemukan ini dibangun pada abad ke-9. Menurutnya, candi itu merupakan peninggalan jaman Kerajaan Mataram Kuno.

"Yang tersisa memang hanya pondasi atau kaki candi. Bangunan badan candi ke atas sudah enggak ada," jelas Agus.

Sementara itu, Veronique Degroot, salah satu peneliti dari Lembaga Penelitian Prancis untuk Asia Timur, mengatakan jika pihaknya tertarik bekerjasama melakukan ekskavasi lantaran penemuan awal Tahun 2015.

Menurutnya, survei yang dilakukan oleh PPAN sejak tahun 2013 di Candi Duduhan memberikan hasil yang menarik.

"Kalau di sini survei kami sudah sejak 2013. Ini eskavasi tahap dua, ternyata masih kuang. Ini baru 25 persen dan mudah-mudahan nanti ada tindaklanjut, " katanya.

Vero menilai, lokasi candi  Duduhan dulunya sangat dekat dengan kawasan perkampungan.

"Ini masih terus dicari pagar yang mengelilingi candi. Tapi hipotesa kita, candi ini lebih muda dari Borobudur dan sezaman dengan Candi Prambanan," katanya. [jie]

Komentar Pembaca
Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

Pameran Dirgantara Penerbad Semarang

JUM'AT, 08 NOVEMBER 2019 , 10:58:00

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

Kirab Budaya Lereng Gunung Prau Temanggung

MINGGU, 10 NOVEMBER 2019 , 13:30:00

Aktifitas Petani Tembakau

Aktifitas Petani Tembakau

SABTU, 19 OKTOBER 2019 , 07:44:00