Pengamat: Uji Materi Syarat Cawapres Melawan Semangat Reformasi

Politik  MINGGU, 29 JULI 2018 , 14:38:00 WIB | LAPORAN: TAKHRODJIE

Pengamat: Uji Materi Syarat Cawapres Melawan Semangat Reformasi

Sebastian Salang/Net

RMOLJateng Upaya beberapa pihak untuk mengajukan judicial review terkait syarat pencalonan jabatan presiden dan wakil presiden ke Mahkamah Konstitusi (MK) telah mengundang polemik di ruang publik. Ada yang pro dan ada pula yang kontra.

Pengamat politik, Sebastian Salang mengingatkan, meski JR merupakan hak setiap warga negara, tetapi efeknya sangat besar bagi sistem ketatanegaraan. Sebab, jelas dia, jika JR itu dikabulkan akan berdampak pada semua lembaga negara lain yang telah dibatasi masa jabatannya sesuai perintah UUD atau UU.

Justru ia menilai upaya Partai Perindo diikuti Wapres Jusuf Kalla menggugat Pasal 169 huruf n UU Pemilu, semangatnya hanya untuk mencari peluang bagi calon presiden dan wakil presiden yang memiliki hasrat berkuasa lebih dari dua periode.

"Upaya tersebut bertentangan dengan semangat reformasi yang berupaya membatasi hasrat kekuasaan yang berlebihan," tegas pendiri Formappi ini kepada Kantor Berita Politik RMOL.

Sebastian juga mengingatkan, Indonesia memiliki sejarah pahit terhadap pemimpin yang berkuasa selama berpuluh-puluh tahun. Kekuasaan yang dipertahankan terus menerus tanpa batasan waktu yang jelas, cenderung dipertahankan dengan berbagai cara. Termasuk, cara yang tidak demokratis.

Karena itu, menurut dia, MK perlu mempertimbangkan untuk mengadili dan membuat keputusan yang tepat.

"Demokrasi kita sedang dipertaruhkan. Jangan sampai kepentingan yang lebih besar dikalahkan oleh kepentingan segelintir orang," tutupnya. [jie]



Komentar Pembaca
Pelepasan Ekspor Komoditas Pertanian Jawa Tengah

Pelepasan Ekspor Komoditas Pertanian Jawa Tengah

SELASA, 19 NOVEMBER 2019 , 10:27:00

Melihat Aktivitas Bongkar Muat Kapal Laut

Melihat Aktivitas Bongkar Muat Kapal Laut

SABTU, 23 NOVEMBER 2019 , 09:51:00

Festival Kampung Gunung Telomoyo Magelang

Festival Kampung Gunung Telomoyo Magelang

JUM'AT, 29 NOVEMBER 2019 , 10:02:00