Belum Laporan, EKA Heran Dengan Statement Meneristekdikti

Dugaan Plagiat Rektor Unnes

Pendidikan  RABU, 11 JULI 2018 , 20:53:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Belum Laporan, EKA Heran Dengan Statement Meneristekdikti
RMOLJateng. Menanggapi pernyataan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti), M. Natsir soal Tak ada pelanggaran dalam dugaan plagiat Rektor Unnes, Fathur Rokhman, Tim Evaluasi Kinerja Akademik (EKA) mengaku belum mengirimkan hasil pemeriksaan terkait kepada Kemenristekdikti.

Salah satu anggota Tim EKA, Engkus Kuswarno mengatakan jika pelaporannya belum dilakukan. Engkus menuturkan bahwa jika tak ada halangan, hasil laporan baru bisa diserahkan ke Kemenristekdikti paling cepat minggu ini.

Kami dari Tim EKA belum melaporkan kepada beliau (M. Natsir), bagaimana bisa disimpulkan demikian,” kata Engkus saat dihubungi, Rabu (11/7).

Engkus menambahkan, hingga saat ini, pihaknya belum menerima surat penugasan penyidikan dari Kemenristekdikti. Ia menyebut pemeriksaan merupakan agenda Tim EKA.

"Kalau pelanggaran, ada atau tidak ada pengaduan, tetap kemudian diproses. Kami memang tak melakukan visitasi, tapi kelengkapan data, penelitian di jurnal, koran, dan sebagainya, kami analisis semua," jelasnya.

Menurut dia, pihaknya juga akan menyelidiki lebih jauh terkait bahwa yang menjiplak adalah Anif Ridha. Menurutnya, hal itu patut diselidiki karena karya tulis tersebut ditulis selama masa bimbingan kepada Fathur yang pada saat itu belum jadi rektor.

"Dengan tidak cermat juga melihat skripsi yang bersangkutan. Kalau kemudian mengutip itu kan di bawah bimbingan beliau (Fathur). Itu juga bagian dari analisis kami," pungkas dia. [jie]

Komentar Pembaca
Foto Penghitungan Suara

Foto Penghitungan Suara

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:40:00

TPS Horor Di Semarang

TPS Horor Di Semarang

RABU, 27 JUNI 2018 , 10:40:00

Pemadam Kebakaran Sirami Tanaman Kota

Pemadam Kebakaran Sirami Tanaman Kota

SENIN, 16 JULI 2018 , 17:03:00