Pemprov Jateng Bakal Adu Pokdarwis Se-Jateng di Brebes

Pariwisata  JUM'AT, 06 JULI 2018 , 14:20:00 WIB | LAPORAN: KENARYO

Pemprov Jateng Bakal Adu Pokdarwis Se-Jateng di Brebes

Foto : Dok

RMOLJateng. Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dinporapar) Jawa Tengah mengadakan Apresiasi dan Konvensi Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Jawa Tengah di Kabupaten Brebes pada Jumat-Minggu (20-22 Juli 2018) mendatang.

Kepala Bidang Sumber Daya Manusia Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Trenggono mengumpulkan Pokdarwis di 35 Kabupaten/Kota se-Jawa Tengah. "Kami ingin menumbuhkembangkan kesadaran pokdarwis sebagai tuan rumah dan garda terdepan pengembangan pariwisata di daerahnya," katanya pada RMOLJateng.

Ia mengatakan inti kegiatan tersebut adalah meningkatkan daya saing destinasi wisata melalui pengembangan SDM dan pemberdayaan masyarakat. Kemudian, memperkuat kelembagaan pariwisata melalui jaringan kelompok Sadar Wisata.

Tidak hanya itu, Trenggono juga ingin membangun promosi terpadu antara pokdarwis dengan stakeholder pariwisata. Tujuan akhirnya adalah meningkatkan jumlah, lama, tinggal dan belanja wisatawan.

"Kegiatannya nanti antara lain apresiasi dan konvensi, pameran produk pokdarwis, paparan program pokdarwis, gelar potensi, hingga sarasehan dan temu mitra pokdarwis, termasuk lomba pokdarwis," jelasnya.

Pokdarwis adalah lembaga yang didirikan oleh warga masyarakat yang anggotanya terdiri atas pelaku kepariwisataan yang peduli, bertanggung jawab serta berperan sebagai penggerak untuk pengembangan kepariwisataan serta membudayakan Sapta Pesona di wilayahnya. Saat ini jumlah pokdarwis di Jateng mencapai 448.

Kepala Bidang Kelembagaan Disbudpar Kota Semarang, Giarsito Sapto Putratmo menambahkan, perwakilan dari kota Semarang adalah Pokdarwis Pandanaran dari desa wisata Kandri. Pihaknya memberi sejumlah stimulan pada pokdarwis Pandanaran untuk berlomba di kegiatan tersebut. [hen] 

Komentar Pembaca
Foto Penghitungan Suara

Foto Penghitungan Suara

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:40:00

TPS Horor Di Semarang

TPS Horor Di Semarang

RABU, 27 JUNI 2018 , 10:40:00

Pemadam Kebakaran Sirami Tanaman Kota

Pemadam Kebakaran Sirami Tanaman Kota

SENIN, 16 JULI 2018 , 17:03:00