Satu-satunya Wakil Pemprov Jateng, Inovasi RSUD Tugurejo Dinilai Kementrian PANRB

Kesehatan  KAMIS, 05 JULI 2018 , 16:41:00 WIB | LAPORAN: KENARYO

Satu-satunya Wakil Pemprov Jateng, Inovasi RSUD Tugurejo Dinilai Kementrian PANRB

Foto : RMOL Jateng

RMOLJateng. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tugurejo merupakan satuâ€"satunya RS yang ditunjuk pemerintah Provinsi Jawa Tengah mewakili dalam rangka evaluasi pelayanan publik dalam bidang kesehatan oleh pemerintah pusat, khususnya Kementrian PAN RB.  

Wakil Direktur Umum dan Keuangan, Retno Sudewi langsung menerima tim penilai dari kementrian.Kasubag Humas RSUD Tugurejo, Mei Kristianti menjelaskan, pihaknya telah membangun berbagai inovasi dalan bidang pelayanan kesehatan. Satu di antaranya adalah anjungan mandiri online dan sistem urai antrian pasien (7 LAJUR BIKIN AKUR).

"Kami punya sistem urai antrian pendaftaran pasien yang semula sms gateway, kini sudah berhasil denga  maping per klinik. Kami tingkatkan dengan pendaftaran online seperti di kereta api, aplikasinya bisa didownload di play store," ujarnya pada RMOLJateng.

Ia mengatakan sistem tersebut memberi kepastian antrean pada pasien. Jadi, para pasien tidak perlu datang terlalu pagi untuk mengantre. Hal itu bagian dari usaha RSUD Tugurejo memenuhi standar pelayanan yang telah ditetapkan.

Mei menyatakan RSUD Tugurejo sudah melaksanakan Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik ini meliputi 6 (enam) aspek yaitu kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, inovasi pelayanan.

Di sisi lain, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kementerian PANRB) melaksanakan pemantauan dan evaluasi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik, untuk memperoleh gambaran tentang kondisi kinerja penyelenggaraan pelayanan publik. Hasil evaluasi untuk perbaikan dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik.

Selain itu, telah dilaksanakan juga pemeringkatan berdasarkan hasil penilaian kinerja. Tujuannya, agar unit penyelenggara pelayanan publik yang dievaluasi dapat menentukan langkah-langkah perbaikan. Sehingga pelayanan prima yang diharapkan oleh masyarakat dapat terealisasikan.

Adapun untuk teknik penilaian kinerja unit penyelenggara pelayanan publik dilakukan tim nasional Kementerian PANRB dengan cara desk evaluation melalui paparan yang dilakukan Wadir Umum dan Keuangan.

Kemudian, tim nasional melakukan observasi lapangan dengan meninjau atau crosscek hasil paparan, lalu pembagian kuesioner pada pengguna layanan, serta wawancara langsung dengan tim pelayanan publik RSUD Tugurejo yang didampingi oleh Biro Organisasi.

Wakil Kementerian PANRB, Yusuf menjelaskan, pengamatan atau observasi dilakukan kepada unit penyelenggara pelayanan publik merupakan fokus penilaian. Kemudian pihaknya juga menemui pihak terkait lainnya dalam bentuk exit meeting (pertemuan akhir).

"Lalu kami membuat berita acara penilaian yang ditandatangani tim penilai dan perwakilan unit layanan," ujarnya.

Mei berharap RSUD Tugurejo dapat mengharumkan nama baik Pemerintah Provisi Jawa tengah dengan komitmen dalam mengimplemantasikan amanat Undang-Undang 25 tahun 2009 tentang  pelayanan publik sehingga dapat Mewujudkan Pelayanan Publik yang Prima.

Sebelumnya, RSUD Tugurejo sudah menyandang predikat sebagai Rumah Sakit yang menuju wilayah bebas korupsi pada tahun 2015. [hen]

 

Komentar Pembaca
#KataRakyat: Ulama Berpolitik, Emangnya Ngaruh?

#KataRakyat: Ulama Berpolitik, Emangnya Ngaruh?

RABU, 19 SEPTEMBER 2018 , 20:00:00

Airlangga Berpeluang Digarap KPK

Airlangga Berpeluang Digarap KPK

RABU, 19 SEPTEMBER 2018 , 15:00:00

Tak Ada Bukti Istana Terlibat Asia Sentinel

Tak Ada Bukti Istana Terlibat Asia Sentinel

RABU, 19 SEPTEMBER 2018 , 13:00:00

Foto Restorasi Candi

Foto Restorasi Candi

SELASA, 24 JULI 2018 , 19:07:00

Foto Memperbaiki Pipa Air

Foto Memperbaiki Pipa Air

SELASA, 24 JULI 2018 , 16:23:00

Foto Dampak Kenaikan Dolar Terhadap Harga Pangan

Foto Dampak Kenaikan Dolar Terhadap Harga Pangan

JUM'AT, 07 SEPTEMBER 2018 , 16:34:00