Genjot Pariwisata, Nam Air Layani Rute Semarang - Karimunjawa PP

Pariwisata  MINGGU, 10 JUNI 2018 , 13:50:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD OLIEZ

Genjot Pariwisata, Nam Air Layani Rute Semarang - Karimunjawa PP
RMOLJateng. Wisatawan baik mancanegara maupun domestik yang ingin berkunjung ke Kepulauan Karimunjawa, turut wilayah Kabupaten Jepara kini memiliki banyak pilihan moda transportasi. Hal ini seiring beroperasinya penerbangan Semarang - Karimunjawa oleh Maskapai Nam Air.

Penerbangan perdana (inaugural flight) dari Bandara A Yani Semarang menuju Bandara Dewadaru Kepulauan Karimunjawa dilaksanakan Minggu (10/6) pagi. Turut hadir dalam rombongan ini, Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub RI Agus Santoso,  Sekda Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono, Bupati Jepara Ahmad Marzuqi dan jajaran Forum Pimpinan Kepala Daerah (Forkompimda).

Rute Semarang - Karimunjawa melalui jalur udara hanya butuh waktu sekitar 20 menit. Sebab rombongan bertolak dari Bandara Ahmad Yani Semarang pukul 06.25 WIB. Dan mendarat dengan selamat di Bandara Dewadaru pukul 06.45 WIB.

"Rute penerbangan Nam Air ini, akan menggenjot pengembangan wisata di Jepara khususnya Kepulauan Karimunjawa. Kami sangat mengapresiasi upaya ini," kata Bupati Jepara Ahmad Marzuqi, Minggu (10/6/2018).

Selama ini, moda transportasi untuk menuju Kepulauan Karimunjawa yang kerap dijuluki Bali-nya Jawa Tengah itu lebih mengandalkan jalur laut. Sebelum tahun 2002 transportasi Jepara - Karimunjawa dan sebaliknya hanya dilayani dua kapal motor milik pemerintah yaitu KMP Muria dan KMC Kartini I. Setelah itu, KAMP Muria diganti dengan KMP Siginjai yang dinilai lebih tangguh dengan ombak dan cuaca Laut Jawa. Setelah itu ada satu kapal dari perusahaan swasta yakni Bahari Ekspress yang juga meramaikan rute laut Jepara - Karimunjawa PP.

Selain moda transportasi laut, sebenarnya juga ada pesawat terbang dengan tujuan Bandara Dewadaru Karimunjawa. Meskipun sistemnya carter dengan pesawat ukuran kecil.

Menurut Marzuqi, berbagai moda transportasi yang sudah tersedia untuk Karimunjawa juga memiliki kekurangan. Semisal jarak tempuh yang lebih dari satu jam. Bahkan dulu KMC Kartini Indonesia butuh waktu 4 jam perjalanan. Sedang KMP Muria malah bisa mencapai 6 jam. Sedang jika menggunakan jalur udara, biaya carter pesawat sangat mahal sehingga hanya bisa dijangkau kalangan tertentu saja.

"Makanya kita senang Nam Air melayani rute Semarang - Karimunjawa. Semoga ini membawa manfaat positif bagi Jepara," tandasnya. [jie]



Komentar Pembaca
Adhie Massardi - Unegh Unegh (Bag.1)

Adhie Massardi - Unegh Unegh (Bag.1)

SELASA, 19 JUNI 2018 , 11:00:00

Indonesia Bukan Antek Beijing dan AS!

Indonesia Bukan Antek Beijing dan AS!

SENIN, 18 JUNI 2018 , 09:00:00

Said Aqil: Staquf Ke Israel Bukan Agenda NU!

Said Aqil: Staquf Ke Israel Bukan Agenda NU!

KAMIS, 14 JUNI 2018 , 12:00:00

Foto : Pembangunan Jalan Arteri Yos Sudarso Semarang
Jalan Sehat Jaman Now

Jalan Sehat Jaman Now

MINGGU, 06 MEI 2018 , 08:38:00

Foto : Banjir Rob Semarang

Foto : Banjir Rob Semarang

KAMIS, 24 MEI 2018 , 15:24:00