Inilah Fasilitas Klinik "APEL"Di RSUD KRMT Wongsonegoro Kota Semarang

Kesehatan  KAMIS, 07 JUNI 2018 , 21:18:00 WIB | LAPORAN: PARWITO

Inilah Fasilitas Klinik

Susi Herawati/RMOL Jateng

RMOLJateng. Direktur RSUD KRMT Wongsonegoro Kota Semarang Susi Herawati mengungkapkan, jika klinik Apel yang diluncurkan oleh Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi adalah wujud kinerja Pemkot Semarang bertujuan untuk memaksimalkan pelayanan kepada masyarakat Kota Semarang.

Terkhusus, pelayanan di bidang kesehatan bagi kelompok rentan sepergti Anak, Perempuan dan Lansia yang tujuanya adalah untuk mensejahterakan masyarakat Kota Semarang di bidang kesehatan.

"Sesuai fungsi dan arahan Pak Wali Kota, bagaimana kita melakukan pelayanan kepada masyarakat  semaksimal mungkin dan seefisiensi mungkin memotong birokrasi-birokrasi yang tidak penting. Tujuan kami memang sesuai dengan arahan Pak Wali Kota bagaimana kita mensejahterakan masyarakat dibidang kesehatan, ini bagi masyarakat yang rentan," tegas Susi Herawati usai acara peluncuran Klinik Apel di RSUD KRMT Wongsonegoro, Kawasan Ketileng, Kota Semarang Kamis (7/6).

Susi mengungkapkan, berbagai fasilitas yang disediakan Klinik Apel yang terintegrasi dalam satu gedung diantaranya, adanya dokter spesialis bagi Anak, Perempuan dan Lansia.   

"Menurt SDM-nya ada dokter spesialis anak, dokter spesialis gizi, dokter kandungan kemudian ada perawat, ada administrasi yang tergabung dalam Apel. Kemudian akan melayani pasien anak, melayani lansia yang sebagian besar dokter syaraf. Kemudian permasalahan gizi  ada dokter spesialis gis. Kemudian dokter kandungan. Di rumah sakit kita ada 95 dokter dan 85 dokter spesialis," ungkapnya.

Kemudian, Susi membeberkan upaya pihak RSUD KRMT Wongsonegoro yang membuka tempat pendaftaran sendiri dengan konsep satu pintu dan pelayanan yang cepat dan prima. 

"Seperti misalnya, pendaftaran satu tempat, kami memotong birokrasi ada pendaftaran disini, misalnya ada pasien non BPJS kami juga menyediakan kasir disini. Yang disampaikan Pak Wali Kota benar, antrian kalau mereka dijadikan satu pasien biasa akan semakin panjang dan sangat melelahkan. Kalau lelah ditambah penyakit, kasihan," bebernya. 

Selain itu, bangunan Klinik Apel diatas tanak seluas 500 meter hektar ini juga dilengkai dengan AC, ornamen dan hiasan dinding yang menyenangkan pasien.

"Tempat yang nyaman, kita tadi semua ruangan AC, dinding-dinding kita beri hiasan-hiasan yang menyenangkan supaya pasien nyaman dan luasan ini sekira 500 meter persegi. Untuk lansia dalam sehari bisa melayani 75 pasien lansia, anak-anak sekitar 60, opjin atau kandungan sekitar 50," ujarnya.

Selain itu, Susi mencontohkan, adanya sebanyak lima toilet khusus yang disediakan khusus bagi para lansia.

"Kalau yang lansia demikian, kalau dulu poly-nya berpencar, kamar mandi dimana? nah ini , ada kamar mandinya sendiri, kalau dihitung ada lima kamar mandi. Persiapan kan, lansia sering ke belakang-belakang, kalau jalanya jauh kan susah, kasihn, jadi kita jadikan satu. Ini yang mendasari kita membuka layanan Apel," terangnya.

Kedepan, usai meluncurkan Klinik Apel, pihak RSUD KRMT Wongsonegoro berencana akan meluncurkan Klinik Gigi Anak dan Klinik Khusus KDRT bagi keluarga. 

"Kedepan kami akan berfikir tentang gigi anak, karena masih terpencar, tempatnya tidak mencukupi kami akan mengadakan khusus klinik gigi khusus anak-anak. Nah, selain itu kami juga kecenderungan untuk kekerasan dalam rumah tangga, kami akan khususkan supaya tidak ada antri. Untuk pelayanan kekerasan kan tidak boleh antri," pungkasnya. [jie]



Komentar Pembaca
Adhie Massardi - Unegh Unegh (Bag.1)

Adhie Massardi - Unegh Unegh (Bag.1)

SELASA, 19 JUNI 2018 , 11:00:00

Indonesia Bukan Antek Beijing dan AS!

Indonesia Bukan Antek Beijing dan AS!

SENIN, 18 JUNI 2018 , 09:00:00

Said Aqil: Staquf Ke Israel Bukan Agenda NU!

Said Aqil: Staquf Ke Israel Bukan Agenda NU!

KAMIS, 14 JUNI 2018 , 12:00:00

Foto : Pembangunan Jalan Arteri Yos Sudarso Semarang
Jalan Sehat Jaman Now

Jalan Sehat Jaman Now

MINGGU, 06 MEI 2018 , 08:38:00

Foto : Banjir Rob Semarang

Foto : Banjir Rob Semarang

KAMIS, 24 MEI 2018 , 15:24:00