Hendardi: Sebaiknya TNI Tidak Tertibat Memburu Teroris

Pemerintahan  SABTU, 26 MEI 2018 , 15:06:00 WIB | LAPORAN: HENDRATI HAPSARI

Hendardi: Sebaiknya TNI Tidak Tertibat Memburu Teroris

Foto : Net

RMOLJateng. Ketua Setara Institute Hendardi mengatakan sebaiknya TNI tidak perlu terlibat dalam penindakan tindak pidana terorisme. Alasannya, belum ada satu sistem untuk melakukan pengawasan terhadap TNI.
"Kalau di peradilan militer itukan peradilan disiplin, bukan satu peradilan terhadap tindakan," kata Hendardi usai diskusi di kawasan Cikini, Jakarta, Sabtu (26/5) seperti dikutip dari Kantor Berita Politik RMOL.

Berbeda dengan Polri yang ada mekanisme praperadilan sebagai langkah untuk mengkoreksi sebuah tindakan apakah telah sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku atau tidak.

"Kalau polisi masih ada praperadilan, masih ada sistem pidananya untuk mengawasi mereka (polisi), tetapi kalau TNI kan tidak terikat itu," ujar Hendardi.

Sebab menurutnya, TNI rawan melanggar HAM dalam penindakan terorisme yang dapat menimbulkan masalah baru dalam proses pencarian keadilan.

TNI akan dilibatkan dalam pemberantasan tindak pidana terorisme pasca diberlakukannya UU Terorisme yang baru disahkan DPR kemarin. [hen]


Komentar Pembaca
Revitalisasi Kota Lama Semarang

Revitalisasi Kota Lama Semarang

RABU, 27 MARET 2019 , 15:02:00

Festival Pameran Foto Semarang

Festival Pameran Foto Semarang

SELASA, 23 APRIL 2019 , 20:00:00

Uji Emisi Gratis

Uji Emisi Gratis

SELASA, 23 APRIL 2019 , 15:59:00