Pentas Teater Emka Tangkap Realita Masyarakat Pasar

Budaya  SABTU, 19 MEI 2018 , 16:10:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Pentas Teater Emka Tangkap Realita Masyarakat Pasar

Foto: RMOL Jateng

RMOLJateng. Menangkap realita yang terjadi di masyarakat, Teater Emper Kampus menggelar pentas drama berjudul ‘Kobong’. Pertunjukkan tersebut, digelar di ruang teater Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Undip Semarang.

Sutradara pementasan, Ponco Adi Nugroho mengatakan, jika pentas itu merupakan pementasan laboratorium dari teater Emka setiap tahun. Drama yang mengangkat kisah mengenai isu pasar itu, kata Ponco, menceritakan soal bagaimana konspirasi yang terjadi di pasar.

Pasar merupakan representasi ruang yang mendukung kegiatan ekonomi. Oleh karenanya, kami merasa tertantang untuk memainkan lakon ini. Lagipula, jarang sekali pasar tradisional mendapat perhatian besar,” kata Ponco, Sabtu (19/5).

Ponco menceritakan, kehidupan orang-orang pasar yang mementingkan kepentingan pribadi. Mulai dari Pak Untung, sebagai ketua paguyuban pasar menyalah-gunakan tugas dan tanggung jawabnya sebagai ketua paguyuban pasar, yaitu dengan menerima sogokan-sogokan dari para pedagang untuk lapak strategis. Segala cara dilakukan pedagang.

Cerita ini dibubuhi dengan konflik keluarga antara Pak Sidi, Bu Sidi, Dini. Pak Untung membalaskan dendamnya kepada Pak Sidi yang telah merebut Bu Sidi dari dirinya. Pak Untung membalaskan dendamnya dengan cara merusak Dini yang ternyata adalah darah dagingnya,” kata dia.

Kenyataan mengenai jatidiri Dini membuat Pak Untung tidak bisa berpikir waras. Sehingga, tanpa sengaja Dini meninggal karena Pak Untung. Selain berurusan dengan batinnya, Pak Untung pada akhirnya juga harus berurusan dengan meja hijau. [hen]

Komentar Pembaca
Pembukaan Museum OHD Magelang

Pembukaan Museum OHD Magelang

SABTU, 26 JANUARI 2019 , 17:25:00

BPBD Jateng Kirim Personil Bantu Korban Tsunami

BPBD Jateng Kirim Personil Bantu Korban Tsunami

JUM'AT, 28 DESEMBER 2018 , 09:30:00

Millennial Road Safety Festival

Millennial Road Safety Festival

JUM'AT, 01 FEBRUARI 2019 , 14:26:00