Diluncurkan 15 Mei, Ini Jalur-jalur Yang Dilalui BRT Trans Semarang Koridor VII

Pemerintahan  JUM'AT, 11 MEI 2018 , 16:04:00 WIB | LAPORAN: PARWITO

Diluncurkan 15 Mei, Ini Jalur-jalur Yang Dilalui  BRT Trans Semarang Koridor VII

Foto/RMOL Jateng

RMOLJateng. Persiapan peluncuran Bus Rapid Trans (BRT) Trans Semarang Koridor VII di Balaikota pada 15 Mei mendatang terus dimatangkan oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang. Selain menyiapkan armada jumlah shelter yang dibutuhkan juga telah disiapkan 38 unit BRT.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Semarang Mukhamad Khadik menegaskan, sebagai persiapan hari ini pihaknya menggelar sosialisasi di Aula Kecamatan Genuk, Kota Semarang. Hadir selain intansi terkait, masyarakat, juga nampak beberapa pengurus paguyuban angkot di rute yang akan dilewati BRT Koridor VII.

"Tujuan kami menginformasikan rencana operasionalisasi Koridor VII. Baik kepada masyarakat yang ada di wilayah Kecamatan Genuk maupun Semarang Tengah, dua wilayah yang akan dilewati rute koridor baru," tegas M Kadhik usai sosialisasi, Jumat (11/5).

M Kadhik menjelaskan, rute atau jalur operasional Koridor VII yaitu dari Terminal Terboyo dan berakhir juga di terminal tersebut. Rutenya adalah dari Terminal Terboyo-Jalan Kaligawe-Jalan Wolter Monginsidi-Arteri Soekarno Hatta-Relokasi Pasar Johar di MAJTdan Jalan Patumura. Setelah itu, Kawasan Kota Lama-Jalan Pemuda-Jalan Imam Bonjol-Jalan Perre Tendean-Stasiun Tawang, dan masuk kembali ke Bubakan (Jalan Patimura)-Relokasi Pasar Johar-Arteri Soekarno Hatta-Jalan Wolter Monginsidi-Jalan Kaligawe dan kembali ke Terminal Terboyo.

"Jadi rute koridor baru ini akan melewati Relokasi Pasar Johar di Kawasan MAJT. Hal ini untuk lebih meningkatkan pelayanan khususnya bagi warga yang berbelanja atau bakul yang mau ke pasar, maka tidak perlu lagi jalan kaki dari Arteri ke pasar," jelasnya.

M Khadik menambahkan, pihaknya telah menempatkan satu shelter di dalam Relokasi Pasar Johar. Sedangkan total shelter yang sudah disiapkan di sepanjang rute Koridor VII yang total mencapai 42 Km, terpanjang dibanding koridor lainnya, ada sebanyak 38 unit. Sedangkan jumlah armada yang disiapkan total ada 15 unit bus yang satu di antaranya nanti hanya sebagai cadangan.

"Harapan kami benar-benar bisa melayani masyarakat di wilayah Genuk dan Semarang Tengah dan secara umum di wilayah Semarang," pungkasnya.

Sementara Plt Kepala Badan Layanan Umum (BLU) UPTD Trans Semarang, Ade Bhakti Ariawan menambahkan, spesifikasi armada bus Koridor VII adalah bus medium atau ukuran sedang merk Isuzu warna biru sejumlah 8 unit yang dibuat tahun 2016.

"Dengan kapasitas bus tersebut 40 penumpang terdiri 1 kursi supir, 20 kursi penumpang dan 20 pegangan tangan. Selain itu bus medium merk Mitsubishi warna merah tahun pembuatan 2017 sejumlah 7 unit.

Ade menambahkan, dengan kapasitas 41 penumpang, terdiri terdiri 1 kursi supir, 21 kursi penumpang, dan 20 pegangan tangan.

"Sedangkan untuk shelter yang difungsikan di Koridor VII nanti adalah tipe baru yang sudah diinovasi, dengan spesifikasi lebih panjang dan lebar, sehingga calon penumpang dapat menunggu lebih nyaman," pungkasnya. [jie]


Komentar Pembaca
Foto : Menggembalakan Hewan Ternak

Foto : Menggembalakan Hewan Ternak

SENIN, 09 APRIL 2018 , 12:56:00

Foto : Pembangunan Jalan Arteri Yos Sudarso Semarang
Foto : Tugu Monumen Kecelekaan

Foto : Tugu Monumen Kecelekaan

RABU, 11 APRIL 2018 , 14:16:00