Totok Sahak : Booming Desainer, Kota Semarang Harus Lebih 'Fashionabel' Dari Kota Bandung, Solo Dan Jogja

Lifestyle  SENIN, 16 APRIL 2018 , 22:16:00 WIB | LAPORAN: PARWITO

Totok Sahak : Booming Desainer, Kota Semarang Harus Lebih 'Fashionabel' Dari Kota Bandung, Solo Dan Jogja

Totok Shahak/RMOL Jateng

RMOLJateng. Tokoh fashion sekaligus pemilik sekolah modeling Totok Sahak mengungkapkan, saat ini di Kota Semarang muncul banyak desainer-desainer muda yang berpotensi.

"Sekarang di Kota Semarang (muncul desainer) sangat booming sekali, sangat banyak desainer-desainer pemula dan mereka benar-benar mempunyai karya-karya yang sangat bagus,"  tegas Totok Sahak kepada RMOL Jateng usai menerjunkan 24 modelnya di acara Gelar Fashion Show (Fash' On Parade) Dalam Rangka HUT Kota Semarang 471 di Taman Srigunting, Kawasan Kota Lama, Kota Semarang Senin (16/4).

Apalagi, menurut Totok Sahak di Kota Semarang banyak desainer-desainer muda dan berpotensi yang sudah meng-Internasional.

"Sampai kemarin (perancang/desainer Kota Semarang) Deviro sampai ke Rusia. Terus Elkana Gunawan itu busana rancanganya dipakai oleh Mr Internasional. Itu dari Semarang sudah sangat bergairah. Mereka yang senior sudah punya wadah sendiri tapi mereka dilibatkan untuk memberikan pengarahan," terangnya.

Untuk itu, Totok Sahak beraharap, perkembangan fashion yang menjadi salah satu bidang yang ditetapkan oleh Badan Lembaga Kreatif sebagai salah satu produk unggulan Kota Semarang, harus bisa mengejar ketertinggalan dunia fashionya dari kota-kota lainya seperti; Kota Solo, Kota Yogya dan Kota Bandung. 

"Semarang sudah mulai mengejar, kalau Jakarta nggak bisa dibandingkan dengan Semarang dan Bandung karena di sana pusatnya. Terus dari daerah-daerah, Solo itu juga, Yogya juga terus-terusan dan sekarang Kota Semarang ini masih terus mengejar," tandasnya.

Apalagi, Totok Sahak menyatakan, munculnya para desainer muda di Kota Semarang dan sudah ada wadah. Termasuk, para seniornya yang membimbing dan mendampingi para desainer muda untuk berkarya baik dikancah lokal Kota Semarang, nasional maupun internasional. Sehingga peluang untuk mengejar ketertinggalan dari kota-kota lainya sangat besar.

"Perlu kerjasama dengan desainer-desainer seperti IFC (Indonesia Fashion Chamber), Susan Budiharjo harus kerjasama supaya lebih bagus lagi. Sepertinya iya. Dan Kota Semarang nggak kalah dengan yang lain-lainya, saya sering melihat potensi sangat besar sekali. Untung punya wadah, diberi kesempatan untuk pemula-pemula," akunya.

Terlebih lagi, Totok Sahak menambahkan, Pemkot Semarang sangat mendukung para pelaku industri fashion, termasuk dirinya bersama puluhan modelnya dalam berkarya dan beraktifitas di bidang fashion.

"Saya kan sebagai penyedia model dan koreografer, menurut saya kendalanya tidak ada, karena pemerintah sangat mendukung dan pemerintah sangat memfasilitasi, misalnya, semua model semua ditanggung dari panitia. Untuk UMKM memberi wadah, nggak cuman setahun sekali tapi sering sekali, Pemkot Semarang sangat mendukung, dari Unesco sendiri akan memberikan bantuan atau gelar untuk Kota Lama Semarang, masyarakat juga sangat mendukung," terangnya.

Selain itu, Totok Sahak menambahkan, seiring dengan perkembangan pembangunan Kota Semarang yang dilakukan Pemkot Semarang sangat baik maka banyak tempat yang bisa digunakan sebagai even fashion show.

Sehingga, kegiatan fashion di Kota Semarang memiliki peluang untuk maju pesat baik di kotanya sendiri maupun dimata masyarakat nasional maupun internasional.

"Sebetulnya banyak banget, kayak kemarin Tinjomoyo itu bisa menarik untuk wisata. Disini (Kota Lama) sudah jelas, Lawang Sewu juga jelas. Terus ini nanti sebentar lagi di Taman KB dan Taman Lele itu bisa digunakan. Pokoknya dimana tempat, yang penting nyaman yang bisa dikunjungi dan menarik," pungkasnya. [jie]



Komentar Pembaca
Foto Penghitungan Suara

Foto Penghitungan Suara

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:40:00

TPS Horor Di Semarang

TPS Horor Di Semarang

RABU, 27 JUNI 2018 , 10:40:00

Pemadam Kebakaran Sirami Tanaman Kota

Pemadam Kebakaran Sirami Tanaman Kota

SENIN, 16 JULI 2018 , 17:03:00