Selain Arsitektur Dan IKM, Industri Fashion Jadi Produk Unggulan Kota Semarang

Ekonomi  SENIN, 16 APRIL 2018 , 22:03:00 WIB | LAPORAN: PARWITO

Selain Arsitektur Dan IKM, Industri Fashion Jadi Produk Unggulan Kota Semarang
RMOLJateng. Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengungkapkan jika Pemkot Semarang telah mengusulkan kepada Badan Ekonomi Kreatif sebanyak tiga subsektor unggulan Kota Semarang.

Pria nomor satu di Kota Semarang yang akrab disapa Hendi ini mengatakan ketiga sub sektor yang telah ditetapkan sebagai produk unggulan itu adalah Bidang Arsitektur, Bidang Industri Kecil Menengah (IKM) serta Bidang Fashion.

"Dimana ketiga usulan tersebut telah diferivikasi dan telah ditetapkan. Ditetapkannya ketiga usulan tersebut membawa konsekuensi membuat kita semua untuk kemudian membuktikan bagaimana industri fashion memang benar-benar menjadi unggulan sub sektor unggulan ekonomi kreatif Kota Semarang," tegas Hendi usai Acara Gelar Fashion Show (Fash' On Parade) Dalam Rangka HUT Kota Semarang 471 di Taman Srigunting, Kawasan Kota Lama, Kota Semarang Senin (16/4).   

Mengapa fashion di pilih menjadi salah satu subsektor unggulan ? Hendi mengungkapkan  dua alasanya, pertama, Kota Semarang katanya merupakan sub sektor terbesar dibidang ekonomi kreatif yang mampu menyumbang 31 persen penghasilan di sektor ekonomi.

"Sebagai program padat karya, industri fashion berhasil menyerap tenaga kerja sebanyak 2 juta orang atau 14,7 persen dari total tenaga kerja di sektor industri," ungkapnya. 

Kedua, Kota Semarang mempunyai potensi dibidang fashion. Buktinya, Kota Semarang mempunyai desainer-desainer top yang dikenal sampai ke tingkat internasional.

"Sebut saja, Ibu Ane Avantie, Ibu Ina Priyono, Elkana Gunawan, Angela Chung dan tentunya masih banyak lagi. Even ini sekaligus saya harap bisa merubah penilaian masyarakat, bahwa yang namanya fashion tidak hanya Kota Bandung saja tetapi tentu saja juga Kota Semarang," ujarnya.

Hendi menegaskan, Pemkot Semarang akan terus berupaya untuk memajukan industri fashion dengan mengikutsertakan, khususnya fashion di setiap pameran.

"Melalui Dinas Perindustrian, Pemkot Semarang berusaha mendorong para pelaku usaha untuk tidak berhenti berkreasi. Digelarnya even ini diharapkan dunia fashion dicintai oleh masyarakat Kota Semarang, khususnya fashion hasil produk lokal Kota Semarang. Serta memberi kesempatan kepada pelaku industri fashion agar produk-produknya semakin dikenal," pungkas Hendi.

Wakil Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengungkapkan, even Fash'on Parade ini digelar salah satunya untuk mengangkat batik Semarang. Selain diharapkan perekonomian di Kota Semarang akan naik, juga mengkolaborasi Kota Lama.

"Ini adalah upaya kita mendatangkan warga, utamanya warga luar Kota Semarang sehingga bisa menjadi even setiap tahun. Kita harapkan Kota Semarang bisa menjadi salah satu tujuan wisata untuk fashion juga. Batik-batik ini tidak monoton, batik ini sekarang berfariasi, dari motif, warnanya, ternyata warna bisa ada yang alami, warna cerah, mereka juga mengangkat tema-tema, mereka mengangkat tentang Kota Lama, Marabunta, nonik-nonik Belanda, Lawang Sewu," bebernya.

Perempuan yang akrab disapa Itak ini mengharapkan, dengan adanya tema-tema tertentu membuat pelaku IKM selalu membuat inovasi-inovasi dan akan menjadi ikon Kota Semarang.

"Kemarin-kemarin batik Semarang nggak terlalu bagus nih. Tapi ternyata hari ini membuktikan IKM-IKM kita mampu bagaimana mengcreat batik ini menjadi baju-baju yang mempesona," ungkapnya. 

Selain menjadi ajang kreatifitas para pelaku industri batik Pemkot Semarang juga telah berupaya memberikan ruang di Kawasan Kota Lama membuat galeri kreatif fashion sebagai wadah mempromosikan sekaligus memasarkan produk-produk fashion mereka.

"Kami sudah MOU dengan PPI, sekarang sudah mulai renovasi, jadi mereka kita beri tempat namanya galeri industri fashion. Mereka bisa jual dari bahan batik, ready to wear. mereka akan mempunyai rasa membuat hal-hal terbaru," pungkasnya. [jie]



Komentar Pembaca
Foto Penghitungan Suara

Foto Penghitungan Suara

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:40:00

TPS Horor Di Semarang

TPS Horor Di Semarang

RABU, 27 JUNI 2018 , 10:40:00

Pemadam Kebakaran Sirami Tanaman Kota

Pemadam Kebakaran Sirami Tanaman Kota

SENIN, 16 JULI 2018 , 17:03:00