Wali Kota Semarang Minta Makam Ki Ageng Pandanaran Jadi Obyek Wisata Religi

Pariwisata  KAMIS, 05 APRIL 2018 , 07:58:00 WIB | LAPORAN: PARWITO

Wali Kota Semarang Minta Makam Ki Ageng Pandanaran Jadi Obyek Wisata Religi

Hendrar Prihadi/RMOL Jateng

RMOLJateng. Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mendapat laporan jika setiap harinya makam Ki Ageng Pandanaran yang merupakan pendiri Kota Semarang didatangi tak kurang dari antara 100 orang sampai 200 orang wisatawan religi yang ingin mendoakan Ki Ageng Pandanaran.

Sehingga, orang nomor satu di Kota Semarang yang akrab disapa Hendi ini menginginkan Makam Ki Ageng Pandanaran dibangun, dipercantik supaya layak dan banyak para peziarah dari luar Kota Semarang berbondong-bondong datang untuk mendoakan Ki Ageng Pandanaran ini. 

"Saya mendengar sendiri di sini setiap hari menjadi obyek wisata religi, setiap hari didatangi 100-200 orang wisatawan religi yang ingin berziarah. Tentu saja, melihat pendaatan, anggaran Kota Semarang yang siginifikan, saya rasa sudah tugas kita yang ada di posisi Pemkot Semarang untuk kemudian melihat, lingkungan di sekitar Ki Ageng Pandanaran supaya bisa di tingkatkan. Supaya kemudian kita mempunyai rasa hormat pada para pendahulu kita," ungkap Hendi kepada RMOL Jateng Rabu (4/4) usai menggelar ritual ziarah di Kompleks Makam Ki Ageng Pandanaran Kawasan Mugas, Kecamatan Semarang Selatan, Kota Semarang, Jateng.

Hendi pun meminta kepada Sekda Kota Semarang Agus Riyanto yang sekaligus menjabat sebagai Kepala Dinas Tata Ruang Kota Semarang untuk melakukan penataan terhadap makam Ki Ageng Pandanaran yang sudah layak untuk dijadikan sebagai salah satu obyek wisata religi di Kota Semarang.

"Jadi Pak Sekda yang juga menjadi Kepala Dinas Tata Ruang, saya rasa pada anggaran perubahan harus dibuat perencanaan yang matang. Perencanaan ke depan kita ingin membangun tempat ini supaya menjadi tempat yang lebih bagus lagi. Supaya menjadi salah satu wisata religi di Kota Semarang," terangnya.

Hendi meminta, meski dibangun dan dipercantik, tapi tidak meninggalkan bentuk aslinya. Dan lingkungan sekitar di tata supaya siap menerima tamu-tamu para peziarah di makam Ki Ageng Pandanaran.

"Saya yakin, beliau-beliau itu mendoakan yang baik untuk leluhur kita dan pasti kita akan dapat berkah beliau yang sudah meninggalkan kita. Mungkin kalau ini dikelola dengan baik, dibuatkan tempat parkir yang baik, masjidnya dibuat yang bagus, makamnya juga dibuat lebih luas, pasti akan lebih menarik minat orang-orang diluar Semarang untuk datang kesini," terangnya. 

Termasuk, Hendi menyatakan akhirnya juga bisa memberdayakan orang-orang disekitar makam dan akhirnya nilai ekonomi dan kesejahteraan akan terjadi di wilayah sekitar makam ini. [jie]



Komentar Pembaca
Foto Penghitungan Suara

Foto Penghitungan Suara

RABU, 27 JUNI 2018 , 14:40:00

TPS Horor Di Semarang

TPS Horor Di Semarang

RABU, 27 JUNI 2018 , 10:40:00

Pemadam Kebakaran Sirami Tanaman Kota

Pemadam Kebakaran Sirami Tanaman Kota

SENIN, 16 JULI 2018 , 17:03:00