DPR Kota Semarang Dukung Langkah Wali Kota Terapkan Pajak Online

Pemerintahan  SELASA, 13 MARET 2018 , 19:47:00 WIB | LAPORAN: PARWITO

DPR Kota Semarang Dukung Langkah Wali Kota Terapkan Pajak Online

Supriyadi/RMOL Jateng

RMOLJateng. Ketua DPRD Kota Semarang Supriyadi mendukung adanya upaya masif dari Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi untuk menerapkan secara bertahap sistem pajak online di jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di bawah Pemkot Semarang.

Pria yang merupakan politisi PDI Perjuangan ini meyakini pajak online yang telah diterapkan di tahap awal terhadap jenis pajak hiburan, resturan,  hotel dan akan dilakukan di Dinas Pasar dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang pada parkir, maka Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Semarang akan meningkat secara signifikan.

Pasalnya, tingkat kebocoran yang terjadi dengan diterapkanya pajak online juga sedikit peluangnya. 

"Saya yakin kalau pajak online mau diterapkan di semua WP (wajib pajak) pasti pemerintah akan lebih diuntungkan. Di samping itu tidak susah-susah menarik secara manual ke WP sehingga target pendapatan daerah akan meningkat secara signifikan," tegas Supriyadi saat dikonfirmasi RMOL Jateng Selasa (13/3) di Kantor DPRD Kota Semarang Jalan Pemuda, Kota Semarang, Jateng.

Bahkan, Supriyadi berani memperkirakan, dengan tidak adanya kebocoran dan manajemen pembayaran secara online yang rapi, maka PAD Kota Semarang bisa meningkat dua kali lipat dibanding perolehan atau pendapatan pajak, terutama di bidang retribusi pasar dan parkir saat ini.

"Paling tidak PAD Pemkot Semarang akan mengalami peningkatan dua kali lipat dari perolehan dari hasil pemungutan pajak saat ini," ujarnya.

Termasuk, Supriyadi menyatakan, khususnya pajak parkir akan meminimalisir keluhan warga Kota Semarang yang sering dipungut tarif parkir melebihi ketentuan parkir resmi yang ditetapkan sesuai Perda.

Maka, dengan adanya pajak e-parkir,  kemungkinan pemungutan biaya pajak parkir di luar ketentuan akan hilang, minimal berkurang.

"Jika pajak online bener-benar diterapkan dan dilaksanakan dengan sungguh-sungguh, maka keluhan masyarakat akan berkurang bahkan hilang," ujarnya. [jie]



Komentar Pembaca
Adhie Massardi - Unegh Unegh (Bag.1)

Adhie Massardi - Unegh Unegh (Bag.1)

SELASA, 19 JUNI 2018 , 11:00:00

Indonesia Bukan Antek Beijing dan AS!

Indonesia Bukan Antek Beijing dan AS!

SENIN, 18 JUNI 2018 , 09:00:00

Said Aqil: Staquf Ke Israel Bukan Agenda NU!

Said Aqil: Staquf Ke Israel Bukan Agenda NU!

KAMIS, 14 JUNI 2018 , 12:00:00

Foto : Pembangunan Jalan Arteri Yos Sudarso Semarang
Jalan Sehat Jaman Now

Jalan Sehat Jaman Now

MINGGU, 06 MEI 2018 , 08:38:00

Foto : Banjir Rob Semarang

Foto : Banjir Rob Semarang

KAMIS, 24 MEI 2018 , 15:24:00