Larangan Mahasiswi Bercadar di Kampus

Mahasiswi Bercadar Dihimbau Berbaur

Pendidikan  MINGGU, 11 MARET 2018 , 15:21:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD OLIEZ

Mahasiswi Bercadar Dihimbau Berbaur
RMOLJateng.  Pencabutan larangan bercadar bagi mahasiswi di perguruan tinggi seperti yang diterapkan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta diapresiasi oleh pengamat terorisme asal Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Kudus, Moh Rosyid. Meski begitu, Rosyid juga berharap mahasiswi yang menggunakan cadar agar mau berbaur dengan elemen lain untuk mencegah munculnya segregasi.

Menurut Rosyid, bercadar memang tidak melanggar etika sosial dan tak bertentangan dengan kode etik berbusana di kampus dengan latar belakang Islam. Hanya saja menimbulkan kesan jika mahasiswi bercadar terkesan menutup diri dari lingkungan di luar diri atau kelompoknya. Hanya pihak "sealiran" saja yang menjadi teman atau koleganya.

"Lazimnya memang seperti itu. Orang yang bercadar tak membaur dengan non-cadar. Ini semacam aksi membentengi diri agar mereka tidak terbaur dengan kelompok di luar mainstreamnya. Justru hal ini akan berimbas munculnya segregasi dan kesenjangan interaksi," kata akademisi yang juga pegiat lintas agama ini, Minggu (11/3/2018).

Menurut Rosyid, pemberitaan aksi radikalisme dan terorisme di Indonesia kerap mengidentikkan cadar dengan dua hal terlarang itu. Cadar dianggap bagian dari simbol aliran garis keras. Kondisi itu diperparah fakta lapangan perempuan bercadar cenderung "mengucilkan diri" dari lingkungan sosialnya.

Oleh karena itu, menurut Rosyid pembauran merupakan langkah yang mendesak dilakukan agar kecurigaan dan stigma masyarakat bahwa cadar adalah bagian dari radikalisme tak kian menguat.

"Itu langkah utama. Kalau dibiarkan saja maka stigma itu akan lebih menguat. Di STAIN Kudus hingga sekarang saya belum melihat ada mahasiswi bercadar, jadi kampus lain mungkin bisa mendorong upaya itu," tandasnya.[jie]

Komentar Pembaca
Adhie Massardi - Unegh Unegh (Bag.1)

Adhie Massardi - Unegh Unegh (Bag.1)

SELASA, 19 JUNI 2018 , 11:00:00

Indonesia Bukan Antek Beijing dan AS!

Indonesia Bukan Antek Beijing dan AS!

SENIN, 18 JUNI 2018 , 09:00:00

Said Aqil: Staquf Ke Israel Bukan Agenda NU!

Said Aqil: Staquf Ke Israel Bukan Agenda NU!

KAMIS, 14 JUNI 2018 , 12:00:00

Foto : Pembangunan Jalan Arteri Yos Sudarso Semarang
Jalan Sehat Jaman Now

Jalan Sehat Jaman Now

MINGGU, 06 MEI 2018 , 08:38:00

Foto : Banjir Rob Semarang

Foto : Banjir Rob Semarang

KAMIS, 24 MEI 2018 , 15:24:00