Sejumlah Sekolah Masih Kekurangan Komputer Untuk UN

Pendidikan  SENIN, 12 FEBRUARI 2018 , 22:13:00 WIB | LAPORAN: KENARYO

Sejumlah Sekolah Masih Kekurangan Komputer Untuk UN

Ilustrasi : Net

RMOLJateng. Sejumlah sekolah menengah atas negeri di Kota Semarang mulai melakukan persiapan menjelang Ujian Nasional (UN). Kendala utama adalah pemenuhan jumlah komputer untuk penyelenggaraan UN Berbasis Komputer (UNBK).

Satu di antaranya adalah SMAN 6 Semarang. Kepala SMA N 6 Semarang, Lukita Yuniati menyatakan, pihak sekolah membutuhkan 160 komputer. Namun, jumlah komputer yang tersedia adalah 120 unit.

"Kemungkinan kami aman sewa laptop atau komputer untuk pelaksanaan UNBK nanti," katanya pada RMOLJateng, Senin (12/2).

Selain itu, dia mengatakan siswa kelas XII sudah melaksanakan berbagai persiapan sejak masuk semester akhir. Para siswa akan mengikuti lima kali try out hingga jelang UN.

Dalam waktu dekat, Lukita juga melibatkan orangtua siswa kelas XII untuk memperkuat persiapan siswa jelang kelulusan. Baginya, kehadiran orangtua perlu karena pembelajaran tidak hanya dari sekolah. "Orangtua bisa mengingatkan anak belajar dan menyemangati anak di rumah," tuturnya.

Sekretaris Musyawarah Kerja Kepala SMA (MKKS) Jawa Tengah, Wiharto mengatakan, pihaknya menyerahkan pemenuhan sarana dan prasarana UNBK pada masing-masing sekolah. Dalam pelaksanaan UNBK, ada dua hal yang selalu jadi perhatian.

Pertama adalah sinkronisasi antara server pusat dengan sekolah. Proses sinkronisasi biasanya cukup memakan waktu lama. Kedua, ketersediaan listrik saat ujian nasional. "Paling deg-degan pas ujian itu mati lampu, tapi biasanya masing-masing sekolah sewa gen set," ujar Kepala SMAN 3 Semarang itu. [hen]



Komentar Pembaca
Foto : Menggembalakan Hewan Ternak

Foto : Menggembalakan Hewan Ternak

SENIN, 09 APRIL 2018 , 12:56:00

Foto : Pembangunan Jalan Arteri Yos Sudarso Semarang
Foto : Tugu Monumen Kecelekaan

Foto : Tugu Monumen Kecelekaan

RABU, 11 APRIL 2018 , 14:16:00