Semarak Tahun Baru Imlek 2018

Spirit Kebersamaan Dalam Malam Perjamuan

Budaya  SENIN, 12 FEBRUARI 2018 , 21:50:00 WIB | LAPORAN: PRABOWO

Spirit Kebersamaan Dalam Malam Perjamuan

Foto : RMOL Jateng

RMOLJateng. Perayaan Imlek di Kota Semarang berlangsung meriah. Segenap tokoh masyarakat dan pemerintah kota Semarang diundang dalam sebuah ajang bernama 'Tuk Panjang', Senin (12/2) malam.

Dalam helatan tersebut, para tamu undangan duduk bersama dalam meja yang berjajar membujur panjang. Tatanan tersebut merupakan tradisi masyarakat Tiong Hoa yang telah dilaksanakan turun menurun.

Ketua Panitia Pasar Imlek Semawis 2018, Haryanto Halim mengungkapkan, rasa terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung perayaan ini. Pada acara kali ini, Haryanto mengatakan ingin mengangkat tradisi yang sudah berlangsung lama ini supaya lebih dikenal oleh masyarakat. Tentunya, kepada generasi muda. Lebih jauh, Haryanto juga mengatakan perayaan imlek bukan hanya sekadar membahas angpao. Dia berharap supaya spirit kebersamaan dalam malam perjamuan bersama ini.

"Itu kenapa kami menyebutnya Pasamuan Anak Zaman Now. Kami ingin semangat silaturahim ini dapat dimengerti dan dilestarikan oleh anak muda," kata dia.

Walikota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan, perayaan kali ini ada ha- hal yang berbeda. Bagi dia, pada ajang Tuk Panjang kali ini, perlu diapresiasi. Pasalnya, perayaan ini tidak hanya mengumpulkan komunitas etnis tiong hoa saja melainkan seluruh tokoh masyarakat juga dilibatkan.

Hendi, sapaan akrab walikota Semarang itu, menganggap, kedamaian yang ada di Semarang merupakan hasil kerja bersama seluruh aspek masyarakat. Dia juga mengapresiasi upaya masing masing komunitas di Semarang yang telah saling menghargai dan menghormati.

"Jadi, kita bisa bersama- sama meminimalisir singgungan yang tidak berarti. Justru kita dapat bahu membahu membantu sesama warga Semarang saat membutuhkan," kata dia.

Hendi berharap, kegiatan seperti ini dapat dicontoh dan dikembangkan untuk perdamaian masyarakat di Semarang. Dia mengajak kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bekerja sama lebih giat lagi, mengingat segala rencana pembangunan keberagaman di Semarang dapat terwujud. [hen]



Komentar Pembaca
Jokowi Lagi, Jokowi Lagi

Jokowi Lagi, Jokowi Lagi

JUM'AT, 23 FEBRUARI 2018 , 13:00:00

KPK Berani Periksa Puan?

KPK Berani Periksa Puan?

JUM'AT, 23 FEBRUARI 2018 , 09:00:00

TGPF Novel Tergantung Jokowi

TGPF Novel Tergantung Jokowi

KAMIS, 22 FEBRUARI 2018 , 17:00:00

Reaktivasi Rel Kereta Api Tanjung Emas

Reaktivasi Rel Kereta Api Tanjung Emas

KAMIS, 25 JANUARI 2018 , 11:34:00

Rekonstruksi Adegan Pembunuhan Sopir Taksi Online

Rekonstruksi Adegan Pembunuhan Sopir Taksi Online

JUM'AT, 26 JANUARI 2018 , 18:46:00

Bicara Pilgub Jateng

Bicara Pilgub Jateng

SELASA, 02 JANUARI 2018 , 23:41:00