Pelajar SD dan SMP Bersihkan Sampah di Pelabuhan Karimunjawa

Pariwisata  MINGGU, 11 FEBRUARI 2018 , 16:26:00 WIB | LAPORAN: MUHAMMAD OLIEZ

Pelajar SD dan SMP Bersihkan Sampah di Pelabuhan Karimunjawa

SAMPAH : Pelajar SD dan SMP yang tergabung dalam PBL Karimunjawa terlihat membersihkan sampah di pesisir Pelabuhan Perintis Karimunjawa, Minggu (11/2/2018). Foto : RMOLJateng.

RMOLJateng. Pelajar SD dan SMP di Kepulauan Karimunjawa, Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, Minggu (11/2) kerja bhakti membersihkan tumpukan sampah yang berserakan di sekitar pesisir Pelabuhan Perintis Karimunjawa.

Sampah seberat 1 ton dari berbagai jenis berhasil diangkut dari pelabuhan kepulauan yang menjadi salah satu destinasi wisata andalan Jawa Tengah tersebut.

Para pelajar itu tergabung dalam tim sepak bola Putra Bintang Laut (PBL) yang merupakan binaan dari Karimunjawa Football Club. Tentu saja, yang membersihkan sampah itu tak hanya para pelajar itu saja. Namun juga ada petugas Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jepara, Balai Taman Nasional Karimunjawa (BTNK) dan aktivis Yayasan Pitulikur Pulo Karimunjawa.

Ketua PBL Karimunjawa, Jamal Amzah Choiril Idris mengatakan pihaknya memang sengaja melibatkan anak didiknya yang masih berstatus pelajar agar peduli dengan lingkungan sekitarnya. Harapannya, jika mereka menjadi pesebakbola profesional juga tetap tak melupakan dan sekaligus peduli dengan Kepulauan Karimunjawa.

"Ini juga bagian dari latihan fisik mereka dan sekaligus mendidik mereka peduli lingkungan," kata Jamal, Minggu (11/2/2018).

Saat musim baratan seperti sekarang ini, sampah dari lautan terbawa hingga kawasan pesisir. Tak terkecuali pesisir Kepulauan Karimunjawa.
Sampah tersebut terdiri dari berbagai jenis. Mulai dari sampah plastik, botol kaca, kayu, dahan ranting pohon dan lain sebagainya.

Total sampah yang berhasil dibersihkan dari pesisir pelabuhan seberat 1 ton. Sampah itu diangkut menggunakan motor roda 3 dan mobil patroli milik BTNKJ ke TPA sampah yang disediakan oleh Yayasan Pitulikur Pulo Karimunjawa.

"Karena TPA yang disediakan pemerintah belum bisa digunakan dan jangkauannya terlalu jauh," ujarnya.

Salah seorang pelajar, Ruben mengaku senang dengan kegiatan bersih sampah ini. Sebagai warga asli Karimunjawa ia ingin agar kawasan yang ramai dikunjungi wisatawan baik lokal maupun mancanegara ini selalu terlihat bersih.

"Usai bersih sampah dilanjut latihan fisik layaknya pemain bola. Jadi ada variasi agar tidak bosan," tandasnya. [jie]




Komentar Pembaca
Jokowi Lagi, Jokowi Lagi

Jokowi Lagi, Jokowi Lagi

JUM'AT, 23 FEBRUARI 2018 , 13:00:00

KPK Berani Periksa Puan?

KPK Berani Periksa Puan?

JUM'AT, 23 FEBRUARI 2018 , 09:00:00

TGPF Novel Tergantung Jokowi

TGPF Novel Tergantung Jokowi

KAMIS, 22 FEBRUARI 2018 , 17:00:00

Reaktivasi Rel Kereta Api Tanjung Emas

Reaktivasi Rel Kereta Api Tanjung Emas

KAMIS, 25 JANUARI 2018 , 11:34:00

Rekonstruksi Adegan Pembunuhan Sopir Taksi Online

Rekonstruksi Adegan Pembunuhan Sopir Taksi Online

JUM'AT, 26 JANUARI 2018 , 18:46:00

Bicara Pilgub Jateng

Bicara Pilgub Jateng

SELASA, 02 JANUARI 2018 , 23:41:00