Memanah Di Antara Kesejukan Kota Salatiga

Pariwisata  SABTU, 10 FEBRUARI 2018 , 20:40:00 WIB | LAPORAN: HENDRATI HAPSARI

Memanah Di Antara Kesejukan Kota Salatiga

Foto : RMOL Jateng

RMOLJateng. Kota Salatiga menawarkan udara sejuk dan kuliner enak. Menghabiskan waktu di kota berslogan Hati Beriman ini dengan berleha-leha terlalu disayangkan.

Menjajal pengalaman baru seperti memanah bisa dilakukan. Arahkan tujuan Anda ke Jalan Raya Salatiga-Kopeng KM 4 Kota Salatiga, tepatnya di Kawasan d’Emmerick Adventure Park. Di tempat ini cobalah bermain Archery Target. Permainan tersebut mengasah konsentrasi dan fokus, yang akan berguna dalam aktivitas keseharian.

Sofia asal Jakarta tampak posisi berkuda- kuda memegang panah. Di dekat kakinya berjejer anak panah berjumlah 15 biji. Fransisca Desti sebagai Karyawan d’Emmerick Adventure Park sesekali mengoreksi posisi tubuh Sofia supaya memanah dengan benar.  

"Terlihat simpel tapi jika posisi tubuh dan tangan tidak tepat, anak panah akan meleset jauh dari target,” ujar Sisca sapaan akrabnya kepada RMOL Jateng, belum lama ini.

Teknik memegang panah yaitu tangan kiri memegang busur (bow) dan posisi tangan kiri lurus. Sedangkan tangan kanan, menarik anak panah (arrow) dengan menggunakan tiga jari (telunjuk, tengah, jari manis).

"Tangan kanan kuat menarik siku seolah- olah didorong ke belakang. Kesalahan yang umum terjadi adalah power di lengan kanan kurang. Sedangkan, lengan kiri lurus rata air. Posisi seperti ini akan membuat anak panah tepat sasaran,” paparnya.

Adapun, cara berdiri yaitu menghadap kanan kaki kuda- kuda sejajar bahu. Jarak bidikan untuk dewasa sekitar 8-12 m dan anak- anak 4 m. Untuk menikmati permainan ini cukup merogoh kocek sebesar Rp 30.000/ orang. Anda dapat belajar teknik dasar atau sekedar hiburan mengisi liburan. "Panah yang digunakan berbahan dasar fiber yang ringan diangkat,” terangnya.

Sofia yang menjajal memanah untuk pertama kali mengaku sangat menikmati permainan ini. Di tengah udara yang cenderung dingin ditambah memasuki musim penghujan, dia berlatih perlahan. Meski agak kesulitan namun dia berhasil menancapkan beberapa busur panah ke target. "Emang harus kuat menarik anak panah agar tidak meleset,” pungkasnya. [hen]

Komentar Pembaca
Jokowi Lagi, Jokowi Lagi

Jokowi Lagi, Jokowi Lagi

JUM'AT, 23 FEBRUARI 2018 , 13:00:00

KPK Berani Periksa Puan?

KPK Berani Periksa Puan?

JUM'AT, 23 FEBRUARI 2018 , 09:00:00

TGPF Novel Tergantung Jokowi

TGPF Novel Tergantung Jokowi

KAMIS, 22 FEBRUARI 2018 , 17:00:00

Reaktivasi Rel Kereta Api Tanjung Emas

Reaktivasi Rel Kereta Api Tanjung Emas

KAMIS, 25 JANUARI 2018 , 11:34:00

Rekonstruksi Adegan Pembunuhan Sopir Taksi Online

Rekonstruksi Adegan Pembunuhan Sopir Taksi Online

JUM'AT, 26 JANUARI 2018 , 18:46:00

Bicara Pilgub Jateng

Bicara Pilgub Jateng

SELASA, 02 JANUARI 2018 , 23:41:00