Pemprov Jateng Ajukan PK Sengketa Lahan PRPP

Pemerintahan  KAMIS, 08 FEBRUARI 2018 , 19:42:00 WIB | LAPORAN: AGUS SUSILO

Pemprov Jateng Ajukan PK Sengketa Lahan PRPP
RMOLJateng. Pemerintah Provinsi Jawa Tengah segera mengajukan Peninjauan Kembali (PK) ke Mahkamah Agung perihal sengketa lahan di kawasan Pekan Raya dan Promosi Pembangunan (PRPP) Kota Semarang. Sesuai rencananya, PK akan diajukan pada pekan ini melalui Pengadilan Negeri (PN) Kota Semarang.

Mejelang penyerahan berkas, Kepala Biro Hukum Setda Jateng Indrawasih mengatakan, pihaknya masih melengkapi materi-materi yang merupakan novum. Setelah selesai, akan langsung diproses. Antara kemarin dan besok. Masih dipilah-pilah mana yang harus disampaikan sebagai lampiran dan mana yang diperlukan. Nanti akan diserahkan melalui PN Semarang,” kata Indrawasih, Kamis (8/2).

Jika merunut perkembangan kasus ini, pengajuan PK ini akan menjadi babak baru pertarungan antara Pemprov Jateng dengan PT Indo Perkasa Usahatama (IPU). Setelah putusan majelis hakim Pengadilan Negeri Semarang yang mengabulkan gugatan PT IPU pada Agustus 2015, kedua belah pihak sama-sama mengajukan banding.

PT IPU menilai putusan tak sesuai dengan kerugian yang dialami. Demikian halnya dengan Gubernur yang mengajukan banding lebih dulu. Dalam amar putusan banding Nomor 51/Pdt.G/2016/PT.SMG tertanggal 22 Maret 2016, majelis hakim Pengadilan Tinggi memperbaiki putusan Pengadilan Negeri. Pertama menyatakan tergugat I yakni Gubernur Jateng dan tergugat III yakni PT PRPP telah melakukan perbuatan hukum.

Indrawasih mengatakan pihaknya berupaya maksimal untuk membuktikan jika lahan tersebut sah milik pemerintah. Putusan kasasi kami terima sekitar bulan Agustus 2017. Saat ini kami persiapkan bukti baru dan ajukan PK,” lanjut Indrawasih. [dit]

Komentar Pembaca
Foto : Menggembalakan Hewan Ternak

Foto : Menggembalakan Hewan Ternak

SENIN, 09 APRIL 2018 , 12:56:00

Foto : Pembangunan Jalan Arteri Yos Sudarso Semarang
Foto : Tugu Monumen Kecelekaan

Foto : Tugu Monumen Kecelekaan

RABU, 11 APRIL 2018 , 14:16:00